Alasan Kamu Harus Pakai Fitur Dark Mode di WhatsApp
Sumber gambar: la republika

Alasan Kamu Harus Pakai Fitur Dark Mode di WhatsApp

Siapa sih yang tidak kenal aplikasi whatsapp? Tentunya mayoritas orang sudah tahu aplikasi komunikasi yang memiliki milyaran pengguna di penjuru dunia ini. aplikasi ini disukai para penggemarnya karena dianggap sebagai aplikasi instan yang tidak ribet dan efisien, sebelum masuk lebih jauh ke fitur fitur unggulan di whatsapp, yuk kita kenalan dulu dengan aplikasi tersebut.

 

APA ITU WHATSAPP?

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang terdapat pada smartphone android maupun iIS, bila dicermati dari fungsinya WhatsApp memiliki kesamaan dengan aplikasi SMS yang biasa digunakan di HP jadul. Namun WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet. Jadi, di aplikasi ini sobat tak perlu khawatir soal panjang pendeknya karakter. Tidak ada batasan, selama data internet sobat memadai.

Meskipun merupakan aplikasi pesan instan, ada yang unik dari WhatsApp. Jadi, sistem pengenalan kontak, verifikasi dan pengiriman pesan tetap dilakukan melalui nomor ponsel yang sudah terlebih dahulu didaftarkan. Cara ini berbeda dengan BBM yang menggunakan PIN, ataupun LINE yang selain nomor ponsel juga mendukung email, dan nama pengguna.

Terdapat banyak fitur unggulan di whatsapp, salah satu fitur unggulan tersebut adalah mode gelap atau biasa disebut dark mode. Fitur ini sejatinya memberikan tampilan gelap (hitam atau abu-abu pada latar belakang aplikasi). Selain itu, dark mode di WhatsApp diklaim memiliki beberapa manfaat untuk penggunanya.

 

DAN BERIKUT INI ALASAN KENAPA KAMU HARUS MEMAKAI FITUR DARK MODE

Alasan Kamu Harus Pakai Fitur Dark Mode di WhatsApp
Sumber gambar: esportku

Baik untuk Kesehatan

Paparan cahaya yang terlalu banyak mampu menekan sekresi melatonin, yang merupakan hormon yang dibutuhkan untuk tidur. Untuk itu ketika banyak bermain smartphone membuat susah tidur. Kinerja otak akan mulai terganggu. Selain itu, paparan cahaya biru pada smartphone juga membuat mata mudah lelah dan kering. Oleh karena itu, mode gelap diklaim mampu meredam cahaya yang masuk ke mata kita dengan warna yang lebih gelap.

 

Hemat Baterai

Google telah mengonfirmasi adopsi mode gelap pada layar OLED telah membantu daya tahan baterai. Misalnya, pada kecerahan 50%, antarmuka mode gelap di aplikasi YouTube menghemat sekitar 15% energi layar dibandingkan dengan latar belakang putih. Pada kecerahan layar 100%, antarmuka gelap menghemat 60% energi layar.

 

Tampilan yang Lebih Bagus

Perancang dan pengembang aplikasi, Roman Banks mengakui bahwa warna hitam membuat desain lebih menarik. Pasalnya warna lain akan lebih menonjol. Selain itu warna hitam membuat desain lebih kokoh dan menampilkan kesan kuat.