Jelaskan pengertian teks prosedur

Jelaskan pengertian teks prosedur

jawaban

Untuk membantu kita dalam memudahkan tugas setiap hari, kita di bantu oleh sebuah panduan yang sering tertera atau terletak dalam sebuah benda atau produk. Teks/ panduan tersebut di sebut sebagai teks prosedur.Nah, yang akan kita bahas adalah penjelasan mengenai pengertian teks prosedur.

 

=> Pengertian teks prosedur

 

Teks prosedur adalah teks yang bersifat membantu manusia agar menjadi lebih tahu dan lebih mudah untuk melakukan suatu pekerjaan.

 

=> Penjelasan

 

Teks prosedur biasanya terdapat di kotak kotak obat, atau resep makan juga termasuk dalam teks prosedur. Teks prosedur bisa juga berfungsi sebagai penunjuk langkah cara penggunaaan suatu barang atau menjadi penunjuk melakukan suatu kegiatan (seperti mengolah kue dengan menggunakan resep). Di dalam teks prosedur umumnya terdapat kalimat larangan, perintah, dan sejenisnya. Sebagai bentuk tata cara melakukan sesuatu.

 

Teks prosedur adalah teks yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan yang kita lakukan. Tetapi, sering di antara kita lupa bahkan malas untuk membaca teks tersebut. Budayakan lah literasi. Semakin banyak kita membaca maka semakin banyak pula kita mendapat ilmu.