Internet 5G vs Internet 4G LTE Siapa Yang Paling Kencang
Sumber gambar: kumparan

Internet 5G vs Internet 4G LTE Siapa Yang Paling Kencang

Internet merupakan suatu jaringan komunikasi yang mempunyai fungsi agar menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lain dengan cepat dan tepat. Jaringan komunikasi tersebut, akan memberikan beberapa informasi yang dikirim lewat transmisi sinyal dengan frekuensi yang telah disesuaikan.

dengan perkembangan teknologi yang terus meluas, internet sudah melakukan inovasi terbaru yakni akan segera merisis jaringan internet 5G yang kabarnya mempunyai kecepatan kilat yang bisa membuat para pengguna nyaman saat sedang berselancar di sosial media.

 

Internet 5G vs Internet 4G LTE

Internet 5G vs Internet 4G LTE Siapa Yang Paling Kencang
Sumber gambar: synopsys

5G memiliki kecepatan jaringan yang jauh lebih cepat dibandingkan 4G. Sementara 4G memiliki kecepatan internet di atas 100 megabite per detik (Mbps), 5G diklaim memiliki kecepatan maksimum hingga 10 gigabite per detik (Gbps) Ini artinya kecepatan 5G seratus kali lebih cepat dari teknologi 4G saat ini. Dengan kecepatan 5G yang seperti itu, mengunduh film dengan durasi 2 jam hanya membutuhkan waktu 3,6 detik.

5G menjanjikan untuk secara signifikan mengurangi latensi, yang berarti waktu muat yang lebih cepat dan responsif yang meningkat ketika melakukan apa saja di internet. Secara khusus, spesifikasi menjanjikan latensi maksimum 4 ms pada 5G , sementara itu 4G memiliki latensi maksimum 20 ms. Pada kecepatan ini, 5G mengalahkan koneksi internet kabel rumah saat ini dan lebih sebanding dengan jaringan serat optik.