Wow! Fosil Kura-Kura Raksasa Ditemukan Di Negara Indah Ini

Hallo sobat milenial, kali ini teknohits ingin berbagi info lagi nih mengenai hewan lucu yang sering dijadikan para artis sebagai hewan peliharaan, hewan tersebut yaitu kura kura. Meskipun memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil namun jika kamu digigit oleh kura kura bisa berbahaya sekali loh.

Namun, tahukah kamu kabarnya kura kura telah hidup dari jutaan tahun yang lalu loh, bahkan ada beberapa kura kura yang mempunyai ukuran raksasa misalnya hampir dari besar mobil dan terdapat fosil kura kura yang ditemukan.

Baru baru ini kabarnya telah ditemukan fosil kura kura Raksasa berukuran besar sebesar mobil di sebuah Gurun Tatacoa di Kolombia serta di kawasan Urumaco di Venezuela. Stupendemys Geographicus dan dipercaya hidup di kawasan itu antara 13 juta hingga tujuh juta tahun lalu. Para ahli purbakala atau paleontologi dari Kolombia dan Venezuela melakukan kerja sama dan melakukan penggalian di beberapa lokasi guna menemukan bukti-bukti lebih banyak tentang kura-kura ini.

Fosil Stupendemys pertama kali ditemukan pada dekade 1970-an, tetapi misteri masih menyelubungi hewan yang panjangnya sekitar empat meter ini. Ukuran dan berat badannya diperkirakan sama dengan sebuah mobil penumpang dan hidup di kawasan rawa-rawa di Amerika Selatan sebelum Sungai Amazon dan Sungai Orinoco terbentuk.

Spesies jantan kura-kura ini punya tanduk di kedua sisi cangkangnya. Luka-luka dalam yang ditemukan di fosil diduga akibat penggunaan tanduk ini sebagai semacam tanduk untuk berkelahi. Para peneliti mengatakan mereka telah menemukan cangkang sepanjang tiga meter dan tulang rahang bagian bawah yang memberi mereka petunjuk lebih jauh mengenai makanan mereka. Menurut perhitungan mereka, kura-kura raksasa ini hidup di dasar danau dan sungai bersama dengan buaya raksasa.

Ukuran Stupendemys yang besar ini penting demi melindungi diri dari hewan pemangsa lain pada masanya. Salah satu fosil Stupendemy ditemukan dengan gigi buaya raksasa menancap di sana.