KPK dari 12 dan 30 adalah…

Pengenalan

Hello Sobat Teknohits! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang matematika. Matematika memang selalu menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Namun, sebenarnya matematika sangatlah mudah dan menarik jika kita memahaminya dengan benar. Salah satu pertanyaan yang sering muncul dalam matematika adalah KPK dari 12 dan 30. Apakah kalian tahu jawabannya? Yuk, kita simak bersama-sama!

Pengertian KPK

Sebelum membahas KPK dari 12 dan 30, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu KPK. KPK merupakan singkatan dari “Kelipatan Persekutuan Terkecil”. KPK adalah bilangan bulat positif terkecil yang merupakan kelipatan dari dua bilangan bulat positif tersebut. Contohnya, KPK dari 4 dan 6 adalah 12, karena 12 merupakan kelipatan terkecil dari 4 dan 6.

Cara Mencari KPK

Untuk mencari KPK dari dua bilangan, kita bisa menggunakan metode faktorisasi prima. Pertama, kita faktorkan kedua bilangan tersebut menjadi faktor prima. Selanjutnya, kita cari faktor-faktor prima yang paling banyak muncul dari kedua bilangan tersebut. Kemudian, kita kalikan faktor-faktor prima tersebut untuk mendapatkan KPK.

KPK dari 12 dan 30

Sekarang, mari kita cari KPK dari 12 dan 30. Pertama, kita faktorkan kedua bilangan tersebut menjadi faktor prima. Faktorisasi prima dari 12 adalah 2 x 2 x 3, sedangkan faktorisasi prima dari 30 adalah 2 x 3 x 5. Selanjutnya, kita cari faktor-faktor prima yang paling banyak muncul dari kedua bilangan tersebut. Faktor 2 muncul dua kali, faktor 3 muncul satu kali, dan faktor 5 muncul satu kali. Kemudian, kita kalikan faktor-faktor prima tersebut untuk mendapatkan KPK. KPK dari 12 dan 30 adalah 2 x 2 x 3 x 5 = 60.

Kegunaan KPK

KPK sangat berguna dalam pemecahan masalah matematika. Contohnya, jika dalam suatu soal terdapat dua bilangan yang harus dijadikan satu, maka kita dapat mencari KPK dari kedua bilangan tersebut untuk mempermudah perhitungan. Selain itu, KPK juga dapat digunakan untuk membuat pecahan menjadi sama penyebutnya.

Kesimpulan

KPK dari 12 dan 30 adalah 60. KPK merupakan singkatan dari “Kelipatan Persekutuan Terkecil”. Untuk mencari KPK, kita bisa menggunakan metode faktorisasi prima. KPK sangat berguna dalam pemecahan masalah matematika. Jangan takut dengan matematika, karena matematika adalah pelajaran yang menarik dan mudah jika kita memahaminya dengan benar.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!

KPK dari 12 dan 30 adalah…