6 Tips Rahasia agar Laptop Tidak Cepat Panas

Hallo sobat teknohits, kali ini admin ingin memberikan sebuah info penting nih, mengenai Rahasia agar Laptop Tidak Cepat Panas karena jika kamu menggunakan perangkat tersebut dengan waktu yang cukup lama tentunya akan menimbulkan panas yang terasa dibawah laptop.

Laptop panas bisa terjadi karena berbagai alasan, pertama bisa saja perangkat laptop kamu sudah usang atau umurnya sudah tua dan bisa juga ada masalah dalam perangkat internal tersebut yang mengakibatkan laptop cepat panas.

Namun, tenang saja karena teknohits ingin memberikan info penting untuk kamu yang tak ingin mempunyai laptop yang cepat panas, tips rahasia ini akan disampaikan dibawah ini.

 

6 Tips Rahasia agar Laptop Tidak Cepat Panas

 

1. Periksa dan Bersihkan Kipas

Setiap kali Anda merasa laptop menjadi panas, coba letakkan tangan Anda tepat di sebelah kipas laptop. Ketika Anda merasa sedikit udara atau tidak ada udara yang keluar, maka kemungkinan debu menumpuk di kipas atau rusak.

Tipsnya, Anda dapat membuka mesin dan meniup debu dengan udara yang relatif terkompresi. Jika kipas rusak, cari pengganti baru. Ketika Anda tidak dapat membuka laptop, pergilah ke tukang service untuk memastikan bahwa kipas bisa berjalan dengan baik.

 

2. Letakkan Buku Kecil di Bawah Laptop

Laptop yang terlalu panas juga dapat disebabkan oleh kurangnya ventilasi di bawah laptop. Hal ini dapat diatasi dengan meninggikan komputer Anda dan meletakkan buku kecil di bawah mesin. Selain menggunakan buku, lebih baik untuk membeli tikar pendingin laptop untuk memberikan ventilasi standar yang cukup di bawah mesin. Atau Anda bisa juga meletakan laptop diatas lantai untuk beberapa saat.

 

3. Jangan Letakan Laptop di Pangkuan Anda

Saat sedang menggunakan laptop, beberapa dari kita mungkin meletakkannya dipangkuan. Hal tersebut dapat membatasi aliran udara di bawah laptop dan menyebabkan panas berlebih.

 

4. Mengontrol Kecepatan Kipas

Aliran udara yang konstan di dalam laptop Anda mencegah kipas Anda berlari dengan kecepatan penuh. Saat kipas Anda berjalan dengan kecepatan tinggi, itu menyiratkan bahwa CPU bekerja keras dan mungkin menjadi lebih panas. Anda dapat mengontrol kecepatan kipas dengan menginstal program seperti SpeedFan untuk Windows.

 

5. Jangan Biarkan Laptop Bekerja Keras

Laptop yang terlalu panas mungkin terjadi karena proses yang intens. Anda dapat menjaga laptop tetap dingin dengan menghindari proses seperti itu di mesin Anda. Misalnya, browser dengan video Flash akan membuat CPU bekerja keras. CPU akan mulai semakin panas dan meningkatkan kecepatan kipas. Karena itu, disarankan untuk menggunakan FlashBlock di peramban Anda agar video flash hanya dinyalakan kapan saja diperlukan.

 

6. Jauhkan Laptop Anda dari Panas

Terakhir, kepanasan laptop Anda dapat terjadi karena paparan ekstrim terhadap sinar matahari langsung, terutama selama musim panas. Temperatur yang tinggi dapat menyebabkan komputer menjadi terlalu panas karena ekspansi hard drive dan kerusakan baterai. Karena itu, Anda harus menjaga laptop Anda di tempat teduh setiap kali suhu tinggi. Ketika laptop Anda dimatikan dan mengalami perlambatan serius akibat terlalu panas, disarankan untuk memperbaikinya sesegera mungkin.