Dampak yang Ditimbulkan Akibat Gempa Bumi
Sumber gambar: merdeka.com

3 Dampak yang Ditimbulkan Akibat Gempa Bumi

Halo, sobat teknohits, apakah kamu pernah membayangkan ketika bersantai saat di rumah bersama sanak keluarga tiba-tiba mengalami bencana gempa bumi? Kejadian bencans gempa bumi mungkin tidak bisa diprediksi oleh masyarakat umum. Bahkan ketika sedang menjalani aktivitas harian, tentunya tidak pernah akan terpikir akan terjadi gempa.

Baru baru ini pula Indonesia mengalami banyak musibah dimana diantaranya diakibatkan oleh gempa bumi dan tanah longsor. Apalagi memang masyarakat tanah air yang berada ditengah garis khatulistiwa mengakibatkan rentan mengalami musibah gempa bumi.

Dampak gemba bumi juga tak main main, sangat banyak orang mengungsi akibat rumah mereka yang hancur karena dampak gemba bumi yang sangat membuat mereka menderita. namun dapak apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama dibawah ini:

 

3 Dampak yang Ditimbulkan Akibat Gempa Bumi

 

1. Tanah Longsor

Gempa Bumi dapat menyebabkan pergerakan bukit dan gunung yang tidak stabil yang menyebabkan tanah longsor. Tanah longsor dapat merusak properti dan melukai orang karena tanah bergerak bergerak menuruni permukaan yang landai . Bumi yang memiliki pasir, batu atau bahan lainnya, ini mampu bergerak karena tarikan gravitasi. Dengan demikian, material tersebut bisa merusak properti dan menutupi area yang luas dengan pasir.

 

2. Efek Geologis

Gempa Bumi bisa mempengaruhi daratan dengan beberapa cara. Saat terjadi gempa, gempa tersebut mengguncang tanah dan menyebabkan struktur berguncang. Bila sebuah struktur sudah tua atau belum dibangun dengan benar untuk menahan kekuatan gempa bumi, ia bisa runtuh, menyebabkan kerusakan pada bangunan di sekitarnya.

 

3. Tsunami

Tsunami adalah hasil dari gempa Bumi dan bisa menjadi salah satu akibat paling mematikan dari gangguan geologis. Tsunami adalah gelombang besar yang tercipta saat gempa terjadi di laut. Peletakan lempeng dan gerakan menyebabkan gelombang besar yang membangun momentum dan ukuran saat mencapai massa tanah. Gelombang besar ini, setinggi 100 kaki bisa menerpa bangunan, struktur dan menyebabkan kerusakan mil. Banyak orang menjadi tunawisma atau kehilangan keluarga dan teman-teman dalam banjir akibat tsunami yang dahsyat.