Cara Mudah Terhindar dari Phishing, Smishing dan Vishing

Apa itu phishing? Mungkin bagi sebagian orang yang gemar nongkrong di media sosial sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut, karena belakangan ini dunia internet sering mengalami kejahatan cybercrime yang mempunyai kaitan dengan bocornya data pribadi seorang pengguna dan salah satu metode paling umum dalam kejauhan tersebut adalah phishing.

beberapa waktu yang lalu banyak pengguna media sosial yang melaporkan kejahatan cybercrime yang mengakibatkan akun mereka dicuri dan data pribadi mereka tersebar, phishing merupakan salah satu metode yang digunakan dalam kasus tersebut, namun ternyata selain phishing ada dua metode yang nyaris serupa yaitu Smishing dan Vishing.

Nah, untuk membahas beberapa metode tersebut dan cara mencegah dan Cara Mudah Terhindar dari Phishing, Smishing dan Vishing berikut ini teknohits ingin membagikan info penting untuk para pembaca agar terhindar dari kejahatan cybercrime tersebut.

 

Yuk kita bahas, Cara Mudah Terhindar dari Phishing, Smishing dan Vishing

 

Phishing

Phishing
Sumber gambar: medcom

Metode phishing ini merupakan metode yang cara kerjanya Pelaku kejahatan siber mengirim sebuah pesan rekayasa melalui email dengan sebuah tautan. Link itu merupakan jebakan untuk target memberikan beberapa informasi pribadi. Kebanyakan berisi formulir yang menanyakan secara rinci data target. Nah, jika mendapati hal tersebut, jangan membukan tautan link dan memberikan informasi. untuk memverifikasi pesan, kunjungi situs web bank atau perusahaan dengan memasukkan alamat mereka langsung ke browser.

Selain itu, nyalakan filter spam email untuk mencegah beberapa email mencurigakan. Kemudian, ketika Anda mengetahui bahwa email merupakan upaya phishing, gunakan fitur sampah, laporan, atau blokir layanan email.

 

Vishing

Vishing
Sumber gambar: so safe

Berbeda dengan phishing, Vishing adalah sebuah metode yang tujuannya mengelabui korban dengan cara panggilan suara. Modus ini biasanya mengaku sebagai perusahaan atau pihak berwenang. Mereka akan meminta informasi rahasia atau paling parahnya meminta sejumlah uang.

vishing mempunyai ciri yakni nomor ponsel tidak dikenal, biasanya mereka mengaku sebagai perusaaan atau pejabat pemerintahan. Seperti yang belakangan terjadi, pelaku vishing mengaku sebagai operator salah satu perusahaan ojek online ternama. Mereka meminta kode One Time Password (OTP) yang dikirim melalui pesan teks.

Waspada apabila Anda menyadari pelaku melakukan teknik Vishing ini. Berhati-hati untuk tidak memberikan keterangan atau informasi pribadi. Anda harus memastikan apakah orang yang menelefon adalah pihak resmi atau bukan.

 

Smishing

Smishing
Sumber gambar: jnews.online

Smishing merupakan metode untuk mengelabui target dengan pesan teks (SMS). Ciri-ciri pelaku smishing biasanya lebih mudah dikenali, mereka menggunakan nomor pribadi ketimbang nomor perusahaan. Selain itu mereka biasanya menggunakan modus hadiah dalam jumlah besar. Anda perlu berhati-hati bila mendapatkan SMS yang mencurigakan dan jangan mudah memberikan informasi pribadi sebelum memastikan pihak yang menghubungi Anda.