Tuliskan Batas-Batas Wilayah Indonesia

Pengertian Batas Wilayah

Hello Sobat Teknohits! Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak pulau dan wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk mempertahankan kedaulatan dan keamanan wilayah, Indonesia memiliki batas-batas wilayah yang harus dijaga. Batas wilayah adalah garis yang membatasi suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Batas wilayah terdiri dari batas darat, laut, dan udara.

Batas Wilayah Darat Indonesia

Batas wilayah darat Indonesia terdiri dari batas dengan negara tetangga. Berikut adalah batas darat Indonesia dengan negara tetangga:

– Batas wilayah dengan Malaysia sepanjang 1.881 km di Pulau Kalimantan
– Batas wilayah dengan Papua Nugini sepanjang 820 km di Pulau Papua
– Batas wilayah dengan Timor Leste sepanjang 228 km di Pulau Timor
– Batas wilayah dengan Singapura sepanjang 8 km di Pulau Batam

Batas Wilayah Laut Indonesia

Batas wilayah laut Indonesia terdiri dari batas laut dengan negara tetangga dan laut teritorial. Berikut adalah batas laut Indonesia dengan negara tetangga:

– Batas wilayah laut dengan Malaysia sepanjang 1.782 km di Selat Melaka
– Batas wilayah laut dengan Singapura sepanjang 10 km di Selat Singapura
– Batas wilayah laut dengan Vietnam sepanjang 11 km di Teluk Tonkin
– Batas wilayah laut dengan Filipina sepanjang 5 km di Pulau Miangas
– Batas wilayah laut dengan Palau sepanjang 290 km di Laut Sulawesi
– Batas wilayah laut dengan Timor Leste sepanjang 70 km di Selat Wetar

Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia

Selain batas wilayah laut, Indonesia juga memiliki zona ekonomi eksklusif (ZEE) yang berada di luar laut teritorial. ZEE Indonesia meliputi wilayah laut sejauh 200 mil laut dari garis pangkal. Di dalam ZEE ini, Indonesia memiliki hak untuk melakukan eksplorasi, eksploitasi, konservasi, dan pengelolaan sumber daya alam yang ada di dalamnya.

Batas Wilayah Udara Indonesia

Batas wilayah udara Indonesia mencakup wilayah udara yang berada di atas wilayah darat dan laut Indonesia. Batas wilayah udara Indonesia mencakup ketinggian dari permukaan laut hingga ketinggian tertentu. Batas wilayah udara Indonesia mencakup wilayah udara di atas wilayah darat Indonesia dan wilayah udara di atas laut Indonesia.

Kesimpulan

Itulah batas-batas wilayah Indonesia yang harus dijaga untuk mempertahankan kedaulatan dan keamanan wilayah Indonesia. Dengan mengetahui batas-batas wilayah Indonesia, kita dapat lebih memahami tentang peta Indonesia dan keberadaan wilayah Indonesia di antara negara-negara tetangga. Terima kasih Sobat Teknohits telah membaca artikel ini. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tuliskan Batas-Batas Wilayah Indonesia