Download APK Termux, Emulator Terminal Android Terbaik
Sumber gambar: jalan tikus

Download APK Termux, Emulator Terminal Android Terbaik

Sebagian dari Anda yang suka bereksperimen dalam hal bahasa pemrograman, mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bernama Termux ini. Termux biasa memang digunakan untuk banyak hal, fungsinya hampir mirip seperti program CMD yang ada di Windows. Akan tetapi, Termux bisa Anda jalankan di HP android. Anda bisa download APK Termux gratis di Google Play Store.

Aplikasi Termux sendiri bisa dijadikan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menjalankan Linux di smartphone android. Bukan hanya sekedar itu saja, Termux juga memungkinkan untuk digunakan sebagai alat hacking website atau platform serupa lainnya. Download APK Termux di android bisa dibilang sangat mudah, berikut ini informasi selengkapnya.

Tentang APK Termux Android

Tentang APK Termux Android
Sumber gambar: apk pure

Termux merupakan emulator terminal android paling populer digunakan sekarang ini, di mana ini juga merupakan environtment Linux. Menurut beberapa orang mungkin aplikasi Termux adalah aplikasi kurang berguna. Nyatanya, Termux punya segudang fungsi jika dioperasikan oleh orang yang tepat.

Aplikasi Termux sendiri dikembangkan oleh developer bernama Fredrik Fornwall dan sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Ukurannya cukup ringan, sehingga memungkinkan untuk dijalankan di smartphone berspesifikasi standar sekali pun.

Seperti yang dijelaskan di atas, Termux bisa digunakan untuk menjalankan Linux di HP android. Penggunaannya sendiri sangat mudah, Anda bisa langsung memasang aplikasi Termux di HP android tanpa perlu rooting HP terlebih dahulu.

Cara Menggunakan Termux di HP Android

Mungkin beberapa dari Anda masih bingung cara untuk menggunakan aplikasi Termux di HP android. Ini sangat penting, karena jika salah dalam pemasangan aplikasi maka kemungkinan besar Termux tidak bisa dijalankan secara maksimal. Untuk langkah-langkah menggunakannya sendiri, yakni:

  • Yang pertama Anda download dan install aplikasi Termux melalui Google Play Store. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.termux&hl=in&gl=US
  • Setelah berhasil diinstall, kemudian tinggal Anda jalankan aplikasi tersebut.
  • Aplikasi biasanya akan meminta izin akses pada HP android. Ini bisa ditemukan saat pertama kali Anda menjalankannya.
  • Jika tidak muncul, maka Anda bisa menyettingnya secara manual dengan masuk ke menu Pengaturan >> Aplikasi >> Termux >> Permissions dan Aktifkan Izinnya.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda tinggal menjalankan termux-setup-storage.

Menambahkan Paket di dalam Aplikasi Termux

Aplikasi Termux tidak akan berguna tanpa Anda memasukkan paket atau package ke dalam aplikasi Termux. Saat ini ada lebih dari 100 package yang bisa ditambahkan ke Termux dan pastinya punya fungsi masing-masing. Namun, hanya ada beberapa package atau paket penting yang harus Anda tambahkan di aplikasi Termux, di antaranya:

1. Unrar

Unrar merupakan salah satu package penting di Termux, di mana paket ini berfungsi untuk melakukan unrar pada file tertentu di penyimpanan. Tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan untuk meng-unrar file. Sementara untuk cara menggunakannya sendiri, Anda bisa menggunakan “pkg install unzip && pkg install unrar”.

2. Aria2C

Berbeda dengan paket di atas, Aria2C berfungsi untuk menaruh file yang sudah didownload ke lokasi tertentu di media penyimpanan, baik memori internal maupun eksternal. Sementara untuk cara pemasangannya sendiri, Anda bisa menggunakan “pkg install aria2”.

Nantinya file yang akan didownload tinggal Anda ambil link-nya, kemudian masukkan ke Aria2C. Jalankan proses downloading dengan memasukkan perintah “aria2c -i links.txt –file-allocation=none -c –auto-file-renaming=false”.

3. Tree

Sementara untuk package Tree merupakan paket khusus yang berfungsi untuk memudahkan Anda menemukan file yang tersimpan di media penyimpanan. Install package ini dengan menggunakan perinta “pkg install tree” dan temukan lokasi file dengan perintah “tree”.

4. NeoVim

Mengedit file di Termux juga membutuhkan package tambahan. Salah satu pilihannya yakni NeoVim yang merupakan file editor paling populer dan banyak digunakan. Sementara untuk cara penggunaannya sendiri bisa dengan memasukkan perinta “nvim foo.bar”.

Itulah tadi informasi singkat mengenai download APK Termux dan cara pengunaannya yang mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.