Apa Itu Virtual Photoshoot?
Sumber gambar: popbela

Apa Itu Virtual Photoshoot?

Teknik pemotretan jarak jauh atau dikenal dengan virtual photoshoot kini sedang digemari. Untuk melakukan pemotretan, fotografer tidak perlu bertatap muka secara fisik dengan orang yang hendak dipotret. jadi model dan potografer tidak berada di satu tempat yang sama karena objek foto dan fotografer berada di tempat yang berbeda.

Menurut fotografer kenamaan asal Inggris Tim Dunk, cara virtual itu dapat menjadi alternatif selama masib ada pandemi virus corona, dimana masyarakat diimbau untuk berada di rumah saja. Ia menambahkan selama pandemi ini bisnis fotografinya terganggu, sehingga dirinya dituntun kreatif dan virtual photoshoot menjadi salah satu jawabannya.

“Saya kemudian memiliki ide untuk mempertahankan diri secara kreatif dengan menggunakan beberapa aplikasi umum dan sedikit teknologi,” kata Dunk, seperti dikutip dari laman Petapixel.

Dunk memanfaatkan Macbook Pro dan aplikasi FaceTime untuk melakukan virtual photoshoot. Ia menggunakan kamera iPhone untuk memotret subjek selama sesi Facetime. Menurutnya untuk mendukung hal tersebut perangkat harus mendukung sistem operasi iOS 11 atau yang lebih baru. Pengguna harus mengaktifkan FaceTime Live Photos dan mengatur ponsel untuk mengunggah foto ke iCloud.

Seperti memotret biasanya, menurutnya saat virtual photoshoot, fotografer juga perlu untuk memperhatikan cahaya dan mencari spot foto yang bagus di rumah. Tidak lupa juga untuk melakukan pengeditan, Dunk sendiri memilih aplikasi Lightroom.

VIRAL :  Kenapa Manusia Tak Minum Darah Seperti Vampir? Begini Penjelasannya