Bukan Diganggu Hantu, Ini Penyebab Tidur Ketindihan

Bukan Diganggu Hantu, Ini Penyebab Tidur Ketindihan

Pernahkan sobat teknohits mengalami sesak nafas saat tidur atau tiba tiba tidak bisa bergerak sama sekali saat ingin bangun tidur? Jika pernah, mungkin istilah yang biasa disebutkan dengan hal tersebut adalah ketindihan.

bagi sebagian orang, fenomena ketindihan disebabkan oleh mahluk halus yang mengganggu tidur kita yang mengakibatkan tidak bisa bergerak atau terasa sesak didada. padahal menurut medis hal tersebut merupakan fenomena yang lumrah dan sering terjadi saat kita sedang kelelahan.

Ketindihan yang dalam dunia medis disebut sleep paralysis merupakan salah satu jenis parasomnia atau gangguan tidur yang membuat kita mengalami kejadian yang tidak diinginkan saat baru tertidur, sudah terlelap, atau saat terbangun dari tidur.

Kondisi ketindihan tersebut sering kali terjadi karena tubuh korban atau kurang tidur. Sehingga menyebabkan otak terlalu cepat memasuki tahap REM dan mengalami mimpi. Saat ini tubuh masih dalam tahapan tidur ringan atau lebih dalam. Untuk diketahui, manusia memiliki empat tahapan tidur, yakni tidur ringan, lebih dalam, dan paling dalam, serta REM (Rapid Eye Movement). Saat manusia dalam posisi REM, matanya bergerak sangat cepat.

Karena tahapannya tidak sama, otak mengalami kebingungan untuk mengendalikan tubuh yang sedang berada di tahapan tidur yang lain. Untuk itu, jika Anda tidak ingin mengalami ketindihan yang disarankan untuk tidur teratur dan menghindari yang berat.

VIRAL :  Cara Cek Info GTK Untuk Kesejahteraan Guru dan Tenaga Pendidik di Indonesia