4 Tips Rahasia Bikin Kata Sandi yang Kuat dan Aman

Dengan perkembangan dunia teknologi saat ini, tentunya kamu mempunyai beberapa akun digital mau itu sosial media ataupun sudah berurusan dengan alat transaksi seperti kartu ATM. dalam hal tersebut diperlukan sebuah kata sandi atau pasword untuk dapat masuk kedalam sistem.

Nah, sering kali seseorang membuat kata sandi yang simpel dan mudah dimengerti namun itu merupakan sebuah celah yang selalu dimanfaatkan hacker atau peretas untuk meretas akun kamu. nah seseorang juga terkadang membuat kata sandi yang sangat rumit tapi itu membuat susah dirinya sendiri karena jika lupa habislah sudah.

 

Maka dari itu, teknohits memberikan 4 Tips Rahasia Bikin Kata Sandi yang Kuat dan Aman

 

1. Hindari Kata Sandi Sederhana

Menurut sebuah penelian, kata sandi ‘123456’ dan ‘password’ banyak digunakan. Itu berarti banyak dari kita yang lebih memilih kata sandi yang mudah diingat. Meskipun mudah diingat, kata sandiri semacam itu mudah diretas. Untuk itu kamu perlu menggunakan kata sandi yang panjang dan acak.

 

2. Campur Angka, Huruf, dan Simbol

Cara membuat sandi dengan kata acak adalah kamu bisa mencampur mencampur simbol dan angka dengan huruf. Anda dapat mengganti nol untuk huruf O atau @ untuk huruf A , misalnya. Jika kata sandi kamu yaitu frasa, pertimbangkan untuk menggunakan huruf kapital huruf pertama dari setiap kata baru, yang akan lebih mudah kamu ingat.

 

3. Hindari Gunakan Data Pribadi

Jika ada informasi tentang kamu yang mudah ditemukan seperti hari ulang tahun, hari jadi, alamat, kota lahir, sekolah tinggi, dan nama kerabat dan hewan peliharaan kamu . Lebih baik tidak memasukkannya ke dalam kata sandi kamu. Hal tersebut membuat kata sandi kamu lebih mudah ditebak.

 

4. Ganti Password Secara Berkala

Semakin sensitif informasi kamu. semakin sering kamu harus mengubah kata sandi. Setelah diubah, jangan gunakan kata sandi itu lagi untuk waktu yang sangat lama. Peretas dapat terus mencoba memecahkan kata sandi kamu, tidak peduli seberapa kuat kamu membuatnya. Sehingga ganti password kamu secara berkala.