Dijuluki Planet Neraka, Inilah Fakta Fakta Mencengangkan Venus

Hallo sobat teknohits, pernahkan kamu kepikiran untuk pindah dari bumi dan pindah ke planet venus? Kedengaran sih menarik ya, tapi sejauh ini planet yang layak dihuni masih cuman bumi, mungkin nanti mars bisa menyusul jika para ilmuwan terus membuat suatu penelitian yang jelas jika mars benar benar planet yang bisa dihuni.

Oke, kita kembali ke venus, tahukah kamu ternyata planet venus ini pernah dijuluki sebagai planet neraka, karena keadaan yang terdapat di planet tersebut yang sangat panas. Karena salah satu planet venus adalah planet terpanas yang ada di tata surya, Suhu permukaan Venus bisa mencapai 880 derajat Fahrenheit (471 derajat Celsius).

Fakta lainnya, Venus mempunyai gunung, lembah, dan puluhan ribu gunung berapi. Gunung tertinggi di Venus, Maxwell Montes, tingginya 20.000 kaki (8,8 kilometer), mirip dengan gunung tertinggi di Bumi, Gunung Everest. Venus juga mempunyai atmosfer tebal penuh dengan gas rumah kaca karbon dioksida dan awan yang terbuat dari asam sulfat. Gas itu memerangkap panas dan membuat Venus tetap hangat. Bahkan, di Venus begitu panas, logam seperti timah akan menjadi genangan cairan yang meleleh.

Venus berputar berlawanan arah dengan Bumi dan rotasinya sangat lambat. Planet ini butuh sekitar 243 hari di Bumi untuk berputar sekali saja. Karena Venus sangat dekat dengan matahari, setahun berlalu dengan cepat. Venus butuh 225 hari di Bumi untuk bergerak mengelilingi matahari. Ini berarti bahwa satu hari di Venus sedikit lebih lama dari satu tahun di Venus.

Karena panjang hari dan tahun serupa, satu hari di Venus tidak seperti hari di Bumi. Bila di Bumi matahari terbit dan terbenam setiap hari, di Venus matahari terbit setiap 117 hari di Bumi. Ini berarti matahari terbit dua kali setiap tahun di Venus. Oleh karena Venus berputar dengan arah yang berbeda dengan Bumi, matahari terbit di barat dan terbenam di timur.

Sama seperti Merkurius, Venus tidak memiliki bulan.