Waspada! Ini 4 Efek Bahaya Ponsel Pintar untuk Anak-Anak

Smartphone merupakan barang elektronik yang wajib kamu punya untuk saat ini, dengan Smartphone kamu dapat menikmati kecanggihan yang ada di dalamnya. namun terkadang bukan cuma orang dewasa dan remaja saja yang mengakes ponsel pintar tersebut.

anak anak yang harusnya tidak boleh mengakses smartphone saat ini sudah banyak orang tua yang membebaskan anaknya untuk mempunyai smartphone. tentu saja itu merupakan sebuah kesalahan karena memberikan smartphone pada anak dapat menimbulkan efek berbahaya.

 

Berikut ini 4 Efek Bahaya Ponsel Pintar untuk Anak-Anak

 

1. Masalah Kesehatan

Beberapa tahun terakhir, ada banyak spekulasi tentang dampak radiasi ponsel pada tubuh. Studi oleh The Journal of the American Medical Association menggerakan perdebatan ketika menyelidiki dampak ponsel pada aktivitas otak. Bahaya kesehatan yang mungkin terjadi antara lain tumor non-ganas. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang menggunakan ponsel memiliki kemungkinan mengembangkan tumor non-ganas di otak dan telinga.

 

2. Ganggu Belajar

Anak-anak, seperti remaja, kecanduan ponsel. Mereka bermain game, mengobrol, dan berbicara dengan teman-teman mereka melalui ponsel setiap saat. Mereka berbicara di telepon selama waktu luang dan mengirim pesan selama pelajaran. Dengan demikian, mereka ketinggalan pelajaran yang diajarkan dan jatuh di belakang siswa lain.

 

3. Perilaku Tidak Pantas

Penggunaan ponsel dapat membuat anak-anak terlibat dalam perilaku yang tidak pantas. Mengirim pesan teks dan mengirim gambar yang tidak pantas adalah masalah yang semakin besar dengan remaja. Gambar berada di tangan yang salah, memberi orang lain akses ke foto pribadi. Anak-anak juga dapat mengakses situs porno dari perangkat multimedia mereka.

 

4. Alat Menyontek saat Ujian

Seorang siswa ketika sedang menjalani ujian, maka ia harus berkonsentrasi penuh pada soal-soal yang diberikan. Kepemilikan ponsel atau penggunaan ponsel yang bisa membuka peluang bagi siswa untuk memeriksa atau menyontek. Ponsel memiliki fitur kalkulator, atau ruang penyimpanan untuk menyimpan jawaban dari soal-soal. Ponsel juga bisa menjadi alat untuk menjawab jawaban di ruang ujian