5 Hal Penting yang Harus Dihindari Agar Laptop Tidak Cepat Rusak

Dikala musim pandemi yang tak kunjung usai ini, masih banyak orang yang melakukan semua pekerjaannya dari rumah, tentunya laptop adalah hal yang wajib diurus agar tetap baik dan tidak rusak. karena jika laptop rusak maka pekerjaan akan sangat sulit dikerjakan.

untuk itu kamu harus mempunyai cara penting agar laptop kamu terhindar dari masalah meskipun harus beroperasi seharian penuh. untuk mengatasi tersebut teknohits akan memberikan tips & trik agar laptop kamu tidak gampang rusak meskipun selalu digunakan.

 

Berikut ini, 5 Hal Penting yang Harus Dihindari Agar Laptop Tidak Cepat Rusak

 

1. Meletakan Laptop di Kasur

Gogodan untuk rebahan di atas kasur pasti datang saat kamu bekerja dari rumah. Kamu mungkin bahkan membawa laptop di atas kasur agar lebih santai. Namun hal tersebut dapat merusak laptoplaptop loh. Sebaiknya hindari meletakan laptop yang menyala di atas kasur atau tempat yang mudah berdebu. Karena, laptop umumnya dilengkapi kipas pendingin yang posisinya berada di bawah. Bila kipas pendingin tidak bisa mendinginkan laptop karena dipakai di bidang yang tidak datar, maka laptop bisa mengalami overheating atau cepat panas.

 

2. Bermain Game Berat

Ada laptop yang memang didesain khusus untuk bermain game. Ada pula laptop yang bukan dirancang untuk bermain game, akan tetapi terkadang pengguna menggunakannya untuk menjalankan game yang berat. Bila terus digunakan untuk bermain game berat, komponen dalam laptop bisa mengalami panas berlebih dan penyebab baterai laptop menjadi bocor.

 

3. Tetap Mengisi Daya saat Penuh

Saat memakai laptop dalam waktu yang lama, baterai perlu diisi terlebih dahulu. Lalu, jika baterai sudah terisi penuh, cabut kabel charger dan lakukan pengisian baterai lagi bila sisa baterai sedikit. Jangan gunakan laptop hingga baterai kosong atau 0 persen.

 

4. Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Ada perangkat laptop yang baterainya dapat dilepas. Disarankan untuk tidak menggunakan laptop tanpa baterai (terhubung stopkontak). Karena saat listrik mendadak padam, maka laptop akan mati. Mematikan laptop tanpa melalui proses shutdown.

 

5. Memindahkan Laptop saat Menyala

Saat laptop menyala, usahakan tidak memindahkan laptop. Sebab, laptop yang masih hidup atau belum di-shutdown, maka harddisk sedang bekerja sehingga digerakan dapat menyebabkan head pada hardisk menggores bagian silinder.