Cara Mudah Menggunakan Layanan Google Classroom & Fiturnya

tahun ajaran baru 20/21 sudah dimulai, namun sepertinya pemerintah masih memberlakukan program belajar dirumah untuk sekolah yang masih mengalami zona berbahaya covid 19, lalu pembelajaran masih akan berlangsung secara online.

Salah satu layanan atau situs yang memudahkan untuk menjalani belajar online adalah Google Classroom. situs ini bisa digunakan untuk melakukan aktivitas belajar mengajar secara virtual.

 

Nah, maka dari itu inilah cara dasar menggunakan Google Classroom

Cara Mudah Menggunakan Layanan Google Classroom & Fiturnya
Sumber gambar: pikiran rakyat

Dengan memanfaatkan Google Classroom, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Membuat Pengumuman dan Materi Pembelajaran, kamu dapat menambahkan materi dari Google Drive yang terhubung dengan menambahkan file, gambar, atau link video YouTube yang ingin kamu bagikan pada siswa.

 

Tambah Tugas

Pada bagian ini kamu dapat memilih opsi untuk menambahkan tanggal jatuh tempo dan peringatan. Sehingga membantu siswa untuk mengetahui tenggat tugas yang harus dikerjakan.

 

Menilai Tugas

Ini merupakan ruang umpan balik untuk memeriksa dan menilai tugas dari siswa. Tab “marks’ berisi buku nilai untuk semua tugas dan nilai siswa.

 

Mengelola Siswa

Kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kolom komentar dari tautan yang kamu bagikan (bisa jadi forum diskusi). Bahkan kamu dapat mengirim email kepada siswa secara individual.

Selain itu, kamu juga dapat membuat kegiatan dalam suatu aplikasi atau situs web. Opsi ini bisa menjadi pilihan ketika pengguna ingin membuat kuis. Beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan di antaranya BookWidgets, EDPuzzle, Buncee, Nearpod, Screencastify, Newsela, dan Quizlet.

 

3 Langkah Memulai Google Classroom

Cara Mudah Menggunakan Layanan Google Classroom & Fiturnya
Sumber gambar: stikes perinting

1. Mendaftar

Saat Anda masuk ke class.google.com Anda dapat menggunakan alamat Gmail yang sudah kamu miliki.

 

2. Buat Kelas

Klik tombol “+’ di sudut kanan atas, pilih “buat kelas”. Di sini kamu dapat mengisi beberapa informasi detail tentang kelas Anda. Kemudian Anda dapat klik “buat”.

 

3. Undang siswa ke kelas

Kamu dapat mengirimkan kode unik kepada siswa sebagai akses masuk Google Classroom. Kamu akan menemukan kode kelas dalam tab “siswa”.