Lupa Pasword Laptop? Begini Cara Memulihkannya

Pasword merupakan bagian penting untuk setiap perangkat yang kamu gunakan untuk merahasiakan data pribadi kamu. selain smartphone, laptop juga sering dipakai pasword untuk melindungi data penting yang ada di dalamnya. Lalu bagaimana kalau kamu lupa pasword laptop? Bagaimana cara memulihkannya?

 

Cara Memulihkannya Lupa Pasword Laptop

 

Gunakan Safe Mode

Gunakan Safe Mode
Sumber gambar: bumi ayu

Salah satu cara untuk memperbaiki password laptop kamu yang terkunci yaitu kamu harus mengaktifkan safe mode. Setelah komputer menyala, tekan F8 ketika booting komputer. Kemudian layar Advanced Boot Options akan muncul. Kemudian kamu pilih “Safe Mode” dan tekan “Enter”.

Lalu, komputer akan kembali menyala dengan “Safe Mode” dan pilih “Administrator”. Kemudian klik “Start” dan masuk ke “Control Panel”. Klik “User Accounts” dan “Manage Another Accounts”. Kemudian, kamu bisa langsung mengubah kata sandi akun komputer kamu. Setelah memasukkan password baru sebanyak dua kali klik “change password” diakhir. Restart laptop kamu, dan laptop sudah dapat digunakan seperti biasa.

 

Masuk Akun Administrator

Masuk Akun Administrator
Sumber gambar: itpoin

Setelah restart komputer, kamu harus kembali masuk ke “Safe Mode” dengan menekan F8 saat windows booting. Kemudian pilihlah “Repair Your Computer”.

Setelah tampilan tersebut terbuka, klik “Open Command Prompt”, kemudian ketik “net user administrator /active:yes” (tanpa kutip). Setelah itu akan muncul pesan “the command active successfully”.

Kemudian ketik “net user administrator password” pada jendela Command Prompt. Setelah itu kamu dapat mengganti kata sandi sesuka kalian dan tutup jendela Command Prompt Anda kemudian restart kembali laptop Anda.