Cara Mudah Screenshot di Perangkat Macbook
Sumber gambar: okezone

Cara Mudah Screenshot di Perangkat Macbook

Mengabadikan sebuah moment melalui tangkapan layar atau screenshot sering kali menjadi pilihan para pengguna. umumnya para pengguna menggunakan cara ini para smartphone pribadinya. namun tak jarang mereka menggunakan perangkap komputer seperti laptop maupun tablet untuk menangkap layar.

Untuk kamu pengguna laptop biasanya kamu akan menggunakan “Ctrl + Alt + Fn + PrtSc” dan melakukan perintah “paste” pada laman edit gambar atau paint. untuk me-screenshot layar pada laptop anda. Namun untuk kamu pengguna macbook yang belum mengetahui cara ini yuk simak dibawah.

 

Cara Mudah Screenshot di Perangkat Macbook

 

Untuk menangkap layar di macbook kamu dapat melakukannya dengan menekan tombol “Shift + Command (⌘) + 5” untuk memunculkan bilah perintah.

Pada bilah perintah, kamu akan disajikan lima buah tombol berbentuk kotak, tombol “Options” dan tombol “Capture”. Agar tidak bingung, berikut ini keterangan dari setiap tombol perintah yang tersedia pada tampilan:

1. Tiga buah tombol kotak paling kiri merupakan opsi untuk tangkapan layar. Anda dapat memilih untuk seluruh layar, jendela aplikasi tertentu, atau sebagian layar.

2. Dua tombol setelahnya merupakan opsi untuk mengambil video. Kamu dapat memilih antara merekam seluruh tampilan layar atau hanya sebagian layar.

3. Sedangkan tombol “Options” menyediakan kamu berbagai opsi lanjutan, seperti tempat untuk menyimpan hasil gambar/video, mengatur jeda pengambilan dan juga memberikan opsi untuk menyembunyikan kursor.

4. Terakhir, jika kamu sudah memilih opsi dari tiga poin di atas, kamu cukup menekan tombol “Capture” yang berada pada posisi paling kanan untuk memproses pengambilan gambar.

Adapun untuk kamu yang belum memiliki versi terbaru dari MacOS ini, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa kombinasi perintah yang dapat Anda ikuti dan tidak memakan banyak waktu:

 

– Shift + Command + 3 untuk mengabadikan tampilan seluruh layar

– Shift + Command + 4 + seret kursor pada bagian tertentu untuk mengabadikan sebagian tampilan layar

– Shift + Command + 4 + bilah spasi, setelahnya arahkan kursor pada jendela aplikasi tertentu untuk mengabadikan jendela tersebut.