Inilah Fitur Terbaru Whatsapp Untuk Tangkal Kabar Hoaks

Menyandang aplikasi paling banyak diunduh di google Play store membuat whatsapp jadi aplikasi paling populer di dunia, termasuk Indonesia yang sangat banyak sekali para pengguna smartphone yang menggunakan aplikasi chatting berasal dari California, Amerika Serikat ini.

Dengan kesuksesan tersebut, whatsapp terus melakukan langkah penting salah satunya membuat fitur terbaru mereka yang bernama Search the Web, fitur ini akan membantu kamu untuk menangkal sebuah kabar hoaks. Karena melalui fitur ini kamu akan dengan mudah meneriksa pesan yang dibagikan secara berulang atau forward pada ruang obrolan.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu cukup menekan tombol kaca pembesar yang dapat ditemukan tepat di sebelah kanan pesan yang kamu terima. Lalu setelah itu, pop-up kotak akan muncul dan memberitahu kamu bahwa pesan akan diteruskan pada laman website, jika setuju, Anda cukup menekan tombol “search web”. Dengan ini kamu akan secara otomatis diarahkan pada laman website terkait untuk melihat bukti otentik dan klaim dari informasi yang diberikan.

Contohnya, seseorang membagikan kamu link mengenai berita atau informasi tertentu dan mengklaim itu benar, kamu dapat dengan mudah melakukan crosscheck. Dengan menekan tombol kaca pembesar, kamu akan disajikan beberapa website rujukan yang memberikan jawaban mengapa suatu informasi disebut salah atau benar. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu diajak untuk membaca beberapa web ketimbang langsung mempercayai satu sumber saja.

Fitur ini bukanlah yang pertama, sebelumnya pada 2018 WhatsApp merilis fitur yang membatasi berapa kali pesan dapat diteruskan ke orang lain. Fitur itu membuat pesan yang diteruskan berkurang sebanyak 25% secara global.

Selain itu, di awal tahun ini WhatsApp juga bekerjasama dengan LSM, pemerintah, WHO, dan menteri kesehatan di 20 negara untuk memberikan pengguna kenyamanan akses informasi yang akurat. Dapat dikatakan, fitur “Search the Web” menjadi pelengkap dari serangkaian upaya yang dilakukan WhatsApp untuk menangkal hoaks. Utamanya pada saat pandemi, di mana informasi hoaks dapat beredar dengan mudah.

Untuk saat ini fitur “Search the Web” baru tersedia untuk wilayah Amerika Serikat, Brazil, Inggris, Italia, Irlandia, Meksiko, dan Spanyol.