3 Cara Mudah Membedakan Layar iPhone Asli atau Palsu

Jika kamu membeli sebuah smartphone mungin yang paling diperhatikan adalah spesifikasi dalam ponsel tersebut, namun ternyata kamu juga harus memperhatikan kondisi layarnya juga loh karena layar salah satu bagian terpenting dalam smartphone apalagi dalam iPhone.

jika kamu ingin membeli sebuah iPhone bekas kamu harus memperhatikan kondisi layar ponsel tersebut untuk membedakan layar tersebut asli atau palsu. karena jika layar pada ponsel tersebut tidak original atau asli dapat menyebabkan masalah kompatibilitas atau kinerja yang kurang baik.

 

Layar tidak original timbul masalah pada multi-touch

Layar tidak original timbul masalah pada multi-touch
Sumber gambar: line today

Masalah yang sering muncul jika layar tak original ada pada fitur multi-touch. Misalnya, multi-touch menjadi tidak atau kurang merespon sentuhan. Lalu performa fitur ini yang buruk seperti sentuhan layar yang tidak responsif atau respon sentuhan layar yang tidak sesuai. Tak jarang, layar menimbulkan respon yang aneh tanpa disentuh, atau bisa juga layar tidak mati selama panggilan telepon.

 

Kecerahan layar dan warna yang berbeda

Kecerahan layar dan warna yang berbeda
Sumber gambar: Microsoft Office

Beberapa hal yang bisa kamu tenjo ketika layar iPhone kamu palsu yaitu dengan mencoba fitur True Tone. Jika layarnya tidak original, fitur True Tone tersebut tidak berfungsi dengan baik. Kemudian juga fungsi sensor cahaya sekitar yang hilang atau terdegradasi, menyebabkan layar redup atau terang di waktu yang salah.

Kalibrasi warna layar juga mengalami masalah, seperti terlalu biru atau kuning. Selanjutnya, layar tak cerah secara seragam, dan kecerahan maksimum yang kurang optimal. Lalu, baterai yang cepat habis juga bisa menjadi indikasi layar iPhone kamu palsu.

 

Peringatan di Setting atau Pengaturan

Jika Anda melihat pesan tak umum saat membuka Pengaturan> Umum> Tentang, maka sudah jelas bahwa layar kamu sudah diganti atau menggunakan komponen non-ori. “Tidak dapat memverifikasi iPhone ini memiliki layar Apple asli,” demikian bunyi pesannya. Sayangnya, pesan peringatan ini hanya ada di iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.