Apa Itu Vaksin, Bagaimana Cara Penggunaannya?

Hallo sobat teknohits di manapun kalian berada, sudahkah kamu divaksin? saat ini dunia termasuk Indonesia terus menggalakan vaksinasi covid 19 kepada masyarakat yang terdaftar menerima vaksin tersebut. Meskipun sudah dilakukan pendekatan yang menyeluruh namun masih banyak loh yang tidak tahu apa itu vaksin.

 

APA ITU VAKSIN?

Vaksin adalah sebuah obat untuk melindungi orang atau mahluk hidup dari penyakit serius dan berpotensi mematikan. Tapi engga seperti kebanyakan obat yang mengobati atau menyebuhkan penyakit, vaksin fungsinya adalah untuk pencegahan.

vaksinasi yaitu salah satu pilihan paling efektif untuk mencegah datangnya penyakit. Pemberian vaksin dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk mengenali dan melawan patogen seperti virus dan bakteri, yang kemudian membuat seseorang aman dari penyakit.

 

Cara Kerja Vaksin di Dalam Tubuh

Selain memahami apa itu vaksinasi, penting juga memahami cara kerjanya. Vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui vaksinasi, umumnya mengandung virus atau bakteri yang telah dilemahkan, serta protein mirip bakteri yang diperoleh dari pengembangan di laboratorium.

Kandungan vaksin tersebut menimbulkan reaksi imunitas tubuh, yang dapat mempersiapkan tubuh untuk melawan serangan infeksi di kemudian hari. Proses ini merupakan proses imunisasi dalam tubuh. Metode pemberian vaksin dalam imunisasi berbeda-beda. Sejumlah vaksin ada yang hanya diberikan sekali untuk seumur hidup dan ada juga yang perlu diberikan secara berkala agar kekebalan tubuh terbentuk dengan sempurna.

Meski lebih sering diberikan kepada anak-anak melalui imunisasi di puskesmas, sebetulnya vaksin bisa diberikan kepada orang dewasa sebagai bentuk imunisasi lanjutan, atau dengan jenis yang berbeda.