Manusia purba pertama kali muncul pada zaman

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Manusia purba pertama kali muncul pada zaman

Manusia purba pertama kali muncul pada zaman..

pilihannya:

e. pleistosen, kwarter, neozoikum  

Pembahasan

Masa Pleistosen, sering bahasa sehari-hari disebut sebagai Zaman Es, adalah zaman geologi yang berlangsung dari sekitar 2.588.000 hingga 11.700 tahun yang lalu. Masa Pleistosen adalah bagian dari masa Neozoikum, yang berlangsung sejak punahnya Dinosaurus pada 65 juta tahun lalu, hingga sekarang.

Masa Pleistosen ini disebut juga dengan Masa Kuarter, yang mengikuti Masa Holosen (Masa Tersier). Holosen dan Pleistosen membentuk Masa Neozoikum, yang mengikuti masa Mesozoikum.

Zaman Pleistosen ini ditandai dengan periode glasiasi (terbentuknya lapisan es) yang berulang di Bumi. Akhir Pleistosen ditandai dengan akhir periode glasial terakhir dan juga dengan berakhirnya zaman Paleolitikum (Zaman Batu Tua) dalam arkeologi.

Zaman ini ditandai akan dua hal penting, yang pertama adalah munculnya manusia purba, yang kemudian berkembang menjadi manusia modern (Homo sapiens). Kedua adalah adanya siklus Jaman Es, dimana terjadi pembentukan lapisan es yang masif dan luas di dekat Kutub Utara, serta pegunungan tinggi.

Fosil manusia purba awal, seperti Homo erectus, berasal dari masa Pleistosen ini.

Pelajari lebih lanjut:

Zaman kuarter dibagi menjadi 2 kala. Sebutkan!

Kode: –

Kelas: IX

Mata pelajaran: IPS

Materi: Bab 2 – Kondisi Geografis Indonesia

Kata kunci: Pleistosen  

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Manusia purba pertama kali muncul pada zaman Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar