Hal-hal yang Bisa Diminta Melalui Call Center AirAsia Online

Sejak bulan Agustus 2021 lalu, pihak maskapai Air Asia mengalihkan call center AirAsia menjadi lebih mudah melalui layanan obrolan langsung secara online. Kini jika kamu ingin menghubungi pihak maskapai, kamu tidak lagi bisa menggunakan nomor call center yang dulu aktif melainkan melalui obrolan langsung tersebut.

Layanan live chat yang disediakan oleh pihak Air Asia diberi nama AVA dengan kepanjangan AirAsia Virtual Allstar. Dimana AVA ini merupakan suatu sistem live chat yang digerakkan dengan artificial intelligence (AI) untuk bisa melayani pelanggan secara tepat dan praktis, serta dapat diakses kapan saja.

AVA ini secara harfiah merupakan asisten virtual maskapai Air Asia yang memang bertugas untuk melayani segala pertanyaan, bahkan komplain dari pelanggan secara otomatis dan secara online. Layanan ini sendiri dapat diakses baik melalui alamat website resmi Air Asia, melalui Facebook Messenger, maupun aplikasi WhatsApp.

Dalam layanan ini kamu tidak akan berhubungan langsung dengan petugas seperti menggunakan call center AirAsia melainkan terhubung dengan komputer atau disebut dengan chatbot. Isi dari obrolan sudah secara otomatis dikirimkan kepada kamu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu dapatkan melalui layanan obrolan langsung ini.

Melakukan Pemesanan Tiket Maupun Perubahan Penerbangan

Hal-hal yang Bisa Diminta Melalui Call Center AirAsia Online
Sumber gambar: idn times

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan menggunakan layanan obrolan langsung AVA adalah melakukan pemesanan tiket pesawat terbang. Jika dulu kamu memesan secara langsung atau by phone, hari ini kamu bisa memesannya hanya melalui layanan serba online ini yang nantinya akan dikirim melalui alamat email.

Cara pemesanan tiket sangat mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menekan ikon bertuliskan ”pesan penerbangan” guna memesan tiket perjalanan pesawat kamu. Lalu, temukan tombol ini pada menu utama website resmi Air Asia. Setelah kamu menekan tombol pemesanan, maka akan diberikan beberapa pertanyaan.

AVA sebagai bentuk asisten virtual dari pihak maskapai akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan penerbangan pesawat pesanan kamu. Dalam proses tersebut, kamu perlu menjawab segala pertanyaan dari chatbot dan mengikuti langkah berikutnya. Proses ini hampir mirip dengan proses pemesanan saat menggunakan call center AirAsia manual.

Setelah selesai menjawab berbagai pertanyaan tadi, AVA akan mengarahkan kamu ke laman selanjutnya yang berisi fasilitas tambahan. Hal ini mencakup pada penambahan bagasi, pemilihan seat pesawat, dan memesan berbagai jenis makanan serta minuman. Setelah itu, isi nama kamu pada kolom yang tersedia, lalu lakukan pembayaran.

Proses pemesanan tiket secara online tanpa melalui call center AirAsia manual sudah selesai. Dan sekarang, kamu hanya perlu menunggu tiket kamu dikirim ke alamat email kamu. Pada saat periode sebelum dilakukan penerbangan, kamu juga bisa mengecek status penerbangan pesawat dan melakukan perubahan tentang pemesanan yang dilakukan.

Memeriksa Promo Air Asia Menggunakan Layanan Ini

Hal-hal yang Bisa Diminta Melalui Call Center AirAsia Online
Sumber gambar: air asia

Tidak hanya untuk memesan tiket pesawat dan melakukan berbagai perubahan dengan lebih mudah, sistem layanan online AVA ini juga dapat digunakan untuk mendapatkan informasi terkait dengan berbagai promo yang ditawarkan oleh pihak Air Asia. Tentu kamu ingin mengetahuinya, bukan? caranya sangat mudah untuk dilakukan.

Pada sistem call center AirAsia berbentuk live chat ini, kamu cukup mengetik kata “tarif promo” maupun “promo” pada room chat dengan AVA. Kemudian, kamu akan menerima balasan dari chatbot Air Asia. Balasan yang akan diterima bukan list promosi maskapai yang ditawarkan melainkan berbentuk tips.

Sebagai asisten virtual, live chat AVA akan memberikan bantuan dengan menawarkan tips bagaimana mencari promo pada situs resmi maskapai Air Asia ini. AVA akan mengarahkan kamu untuk mengklik bagian bertuliskan “Promo Radar” guna mengetahui berbagai promo yang ditawarkan maskapai Air Asia maupun maskapai penerbangan pesawat lain.

Adapun promo yang ditawarkan Air Asia salah satunya adalah memberikan keuntungan bagi para pelanggannya yang bergabung dalam Air Asia BIG dan membayar menggunakan Air Asia BIGPay. Terdapat beberapa potongan atau keuntungan lain yang bisa kamu nikmati. Kamu hanya perlu mencoba informasi dari AVA tersebut.

Jangan Khawatir Soal Refund, Karena AVA Bisa Membantu

Dalam memproses perjalanan udara, tentu terkadang kamu bertemu dengan berbagai kendala maupun permasalahan dalam proses pemesanannya. Misalnya saja, kamu bisa sewaktu-waktu membatalkan jadwal penerbangan pesawat yang sudah dipesan karena alasan tertentu, atau perjalanan yang di jadwal ulang, bahkan proses pemesanan tiket penerbangan double tanpa disengaja.

Kamu pun mungkin mengalami kesalahan pada proses pembayaran, misalnya saja kamu melakukan pembayaran sebanyak dua kali pada tiket yang sama. Tentu hal tersebut akan sangat merugikan apabila kamu tidak melakukan refund atau pengembalian uang yang terlanjur kamu berikan ke pihak maskapai Air Asia.

Namun, kamu tenang saja. Sebab, melalui sistem call center AirAsia dimana sudah diubah menjadi serba online dan otomatis ini kamu bisa mengurusnya secara cepat serta mudah. Kamu hanya perlu memanfaatkan layanan obrolan langsung, yakni AVA sebagai asisten virtual untuk kamu dan menggantikan call center.

Caranya seperti biasa, kamu buka chat room dengan AVA. Pada menu utamanya, kamu bisa pilih bagian “pengembalian dana”, kemudian lanjut pada proses selanjutnya yakni “permintaan pengembalian uang/dana”. Setelah itu, kamu bisa memilih jenis pengembalian apa yang dibutuhkan kamu, misalnya karena adanya double payment.

Setelah proses tersebut, kamu harus memberikan kode PNR yang bisa kamu temukan pada rencana penerbangan. Kemudian, ikuti langkah berikutnya, dan bersiap akan permintaan lampiran beberapa dokumen penting. Meski tanpa call center AirAsia manual, segala urusan kamu tetap bisa ditangani dengan maksimal oleh pihak Air Asia.

Sampaikan Keluhan Kamu Melalui Obrolan Langsung

Hal-hal yang Bisa Diminta Melalui Call Center AirAsia Online
Sumber gambar: alinea.id

Setiap pelayanan yang diberikan, tentu ada pihak yang merasa belum maksimal. Karenanya, setiap perusahaan tentu selalu membuka kesempatan bagi pelanggan untuk menyampaikan keluhannya sebagai bentuk kritik dan juga koreksi untuk perbaikan kedepannya. Karenanya, Air Asia juga memberikan kesempatan penyampaian keluhan melalui layanan live chat ini.

Meski tanpa melalui call center AirAsia, pelanggan tetap dapat menyampaikan berbagai keluhan dan masukan kamu secara fleksibel terhadap pihak maskapai Air Asia. Tahap untuk penyampaian keluhannya pun tidak terlalu rumit. Seperti biasa, kamu dapat melakukan live chat terhadap AVA dan katakan tentang keluhan kamu.

Penyampaian keluhan ini cukup berbeda. Kamu akan diberikan alamat tautan khusus untuk menampung keluhan atau aduan kamu. Sebelumnya, kamu harus ketik “feedback” atau pun “umpan balik” pada chat room dengan AVA, lalu ketik juga “keluhan”.

Kemudian, ikuti langkah berikutnya, dan jika sudah menerima tautan khusus umpan balik, pelanggan bisa segera mengisinya dan sampaikan apa yang menjadi keluhan pelanggan. Jika sudah selesai, klik kirim dan tunggu pihak maskapai mengirimkan email balasan kepada kamu. Cukup mudah bukan untuk menyampaikan keluhan secara online?

Sebagai maskapai penerbangan yang terpercaya, Air Asia selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik tanpa batas kepada para pelanggannya. Karena itulah, layanan live chat ini hadir untuk mempermudah kamu berinteraksi dengan pihak maskapai. Meski tanpa call center AirAsia lagi, kamu tetap akan merasakan kemudahan maksimal.