Download Apk Minecraft Sebagai Sarana Gamifikasi yang Menarik
Sumber gambar: merpati.co.id

Download Apk Minecraft Sebagai Sarana Gamifikasi yang Menarik

Game saat ini sudah menjadi bagian sehari-hari hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Game biasa dijadikan hiburan untuk mengisi waktu luang agar bisa mengurangi stres dan membuat lebih bersemangat. Bicara soal game, Anda bisa mencoba download APK Minecraft. Permainan satu ini menuntut pemainnya berpikir lebih kreatif untuk menciptakan karya hebat. Berikut pembahasan selengkapnya.

Hal-Hal Menarik Ketika Mendownload Game Minecraft

Mendownload Game Minecraft
Sumber gambar: tribun

Dengan semakin berkembangnya teknologi serta penggunaan smartphone yang kian banyak, maka kini game telah mulai dikembangkan untuk membantu proses belajar mengajar.

Pendekatan pembelajaran ini menggunakan elemen – elemen dari sebuah game. Sehingga hal ini dapat membuat siswa termotivasi untuk terlibat dan terjun dalam proses belajar yang seru dan menyenangkan. Belajar menggunakan game ini dikenal juga dengan sebutan gamifikasi.

Dengan adanya gamifikasi ini proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan tentunya lebih menarik bagi para siswa. Salah satu game yang bisa digunakan untuk gamifikasi yaitu Minecraft Education Edition. Game ini merupakan keluaran Microsoft yang dapat menawarkan suatu proses belajar berbasis gamifikasi.

Dengan menggunakan game ini diharapkan nantinya akan membuat siswa lebih mampu dalam melakukan pemecahan masalah, inovasi, kolaborasi serta meningkatkan kreativitas mereka. Game minecraft ini sangat cocok untuk digunakan sekolah yang menggunakan metode belajar kolaboratif untuk teknologi, seni, matematika, science serta enginering.

Game satu ini dikembangkan secara khusus untuk membantu proses pendidikan. Nantinya para siswa akan membangun blok-blok material yang terdapat di game ini. Selain itu juga game ini akan mendukung kondisi dimana para siswa dan guru perlu melakukan kolaborasi.

Nantinya para siswa serta para guru akan bermain bersama untuk menyelesaikan tantangan yang terdapat di dalam game tersebut. Terdapat dua macam metode permainan yang bisa Anda pilih. Metode-metode tersebut antara lain yaitu  metode creatif dan metode survival.

Pada metode creatif nantinya siswa dapat menggunakan dengan bebas semua jenis material. Sehingga di sini para siswa tidak perlu mencari dan membangun menggunakan kumpulan material tersebut.

Sedangkan untuk metode survival ini, para siswa dituntut untuk mencari material yang tersebar dalam permainan. Hal itu bertujuan untuk dapat tetap bertahan hidup. Nantinya akan terdapat point untuk lapar serta nyawa. Sehingga di sini para pemain dituntut untuk mampu membuat ragam kerajinan dari sumber daya alam yang telah didapatkan sebelumnya.

Sehingga dengan begitu para siswa dapat bertahan hidup di permainan tersebut. Mengenai apa saja manfaat yang akan didapat dengan menggunakan game minecraft bagi para siswa, akan disebutkan di bawah ini, meliputi :

  1. Dalam permainan ini siswa akan terlibat aktif sehingga akan lebih memudahkan dalam belajar ilmu pengetahuan.
  2. Game ini juga akan meningkatkan kemampuan para siswa untuk saling bekerja sama dengan teman-temannya. Karena di game ini nantinya mereka akan saling berkolaborasi untuk memecahkan masalah yang ada.
  3. Meningkatkan kreativitas siswa, karena dalam permainan ini ketika seorang siswa gagal maka dia harus mencoba lagi hingga akhirnya berhasil. Tentunya hal ini akan semakin mendorong kemandirian serta kreativitas masing-masing siswa. Nantinya masalah yang terdapat di game ini akan membuat para siswa mencari ide-ide untuk jalan keluar.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai Aplikasi Minecraft sebagai sarana Gamifikasi. Dari penjelasan di atas, semoga Anda dapat memahami fungsi dari aplikasi tersebut. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.