putra nabi yakub yang menjadi rasul adalah

putra nabi yakub yang menjadi rasul adalah

jawaban

Nama putra dari Nabi Ya’qub yang juga Allah angkat menjadi rasul utusan Allah adalah Nabi Yusuf. Nabi Yusuf merupakan salah satu rasul utusan Allah yang memiliki paras atau wajah yang sangat ganteng. Nabi Yusuf juga memiliki mukjizat kemampuan untuk menafsirkan mimpi.

Pembahasan

Nabi Yusuf merupakan salah satu nabi dan rasul utusan Allah yang tersebut namanya di dalam ayat Al Qur’an. Nama Nabi Yusuf juga menjadi salah satu nama yang dari surah yang terdapat di dalam mushaf Al Qur’an. Sehingga umat islam wajib mengimani dan menyakini tentang keberadaan Nabi Yusuf. Iman kepada Nabi Yusuf merupakan salah satu bagian dari keimanan kepada nabi dan rasul utusan Allah. Di mana keimanan kepada nabi dan rasul utusan Allah adalah salah satu bagian dari rukun iman yang wajib diimani oleh umat islam. Seorang umat islam yang tidak mau beriman kepada nabi dan rasul utusan Allah akan mendapat dosa sedangkan orang yang mau beriman kepada nabi dan rasul utusan Allah akan mendapat pahala.

 

Dalil naqli yang menyebutkan tentang Nabi Yusuf salah satunya adalah  firman Allah yang terdapat di dalam Surah Yusuf ayat yang ke 4. Lafadz dari firman Allah yang terdapat di dalam Surah Yusuf ayat yang ke 4 adalah اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ. Terjemahan dari firman Allah yang terdapat di dalam Surah Yusuf ayat yang ke 4 ke dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.” Ayat tersebut menjelaskan tentang dialog nabi Yusuf dengan ayahnya di mana Nabi Yusuf menceritakan bahwa Nabi Yusuf bermimpi.