Manusia adalah makhluk sosial, ia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, sesuai pernyataan tersebut perilaku kita sebaiknya adalah….

Manusia adalah makhluk sosial, ia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, sesuai pernyataan tersebut perilaku kita sebaiknya adalah….
A. Mendengarkan apa kata orang lain
B. Merendahkan diri kepada orang lain
C. Mengikuti apa yang dirasakan orang lain
D. Merasakan apa yang dirasakan orang lain

jawaban B

Manusia adalah makhluk sosial, ia tak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Maka perilaku kita sebaiknya adalah MERASAKAN APA YANG DIRASAKAN ORANG LAIN (C).

» Pembahasan

Manusia adalah makhluk sosial, ia tak mungkin bisa hidup dan memajukan peradaban jika tanpa adanya bantuan dari manusia lainnya. Dengan kesadaran penuh akan kodrat ini maka kita seharusnya berperilaku penuh EMPATI. Empati dalam hal ini maknanya adalah MERASAKAN APA YANG DIRASAKAN ORANG LAIN sehingga kita bisa mengontrol dengan baik perkataan dan perilaku kita terhadap manusia lainnya.

Sebagai makhluk sosial, kita tidak harus selalu mendengarkan kata orang lain atau selalu mengikuti yang orang lain inginkan apalagi merendahkan diri kita di hadapan orang lain. Sebagai makhluk sosial, perilaku kita yang tepat dalam bersosialisasi adalah mengedepankan empati. Saat kita mampu merasakan yang orang lain rasakan maka kita tentu akan bertindak hati-hati, tidak berlaku negatif pada orang lain, lebih menghargai orang lain dan lains sebagainya.