Download Google Classroom APK Versi Terbaru, Untuk Sekolah Online

Semenjak pandemi Covid-19 melanda dunia, khususnya Indonesia, semua hal berubah drastis. Misalnya saja pada kegiatan belajar mengajar bagi para siswa. Sekolah tatap muka digantikan dengan sekolah daring yang dilakukan secara virtual. Untuk mendukung kegiatan ini, aplikasi pihak ketiga menjadi pilihan. Para siswa juga dianjurkan untuk download Google Classroom APK.

Google Classroom ini sendiri termasuk aplikasi multi-platform, di mana Anda bisa mengaksesnya via mobile maupun PC. Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh Google Classroom atau Google Kelas tersebut. Anda bisa download Google Classroom APK secara gratis lewat Google Play Store.  Agar lebih tahu, simak yuk review singkat berikut.

Tentang Google Classroom atau Google Kelas

Download Google Classroom APK Versi Terbaru, Untuk Sekolah Online
Sumber gambar: techjuice

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.classroom&hl=in&gl=US

Google Classroom merupakan salah satu layanan gratis dari Google yang memungkinkan pengguna (guru) membuat kelas sendiri dan mengundang siswa melalui kode yang dibagikan. Kegiatan belajar mengajar akan jauh lebih maksimal melalui kelas virtual dari Google Classroom.

Selain bisa saling berkomunikasi antara guru dan siswanya, juga disediakan fitur yang memungkinkan untuk berbagi file. Guru bisa membagikan materi langsung kepada para siswa kemudian membahasnya agar lebih mudah dimengerti. Google Classroom ini sendiri sudah bisa diintegrasikan dengan layanan Google lain seperti, Google Sheets, Google Docs, GDrive, Gmail dan lain sebagainya.

Keunggulan Google Classroom Dibandingkan Aplikasi Lain

Download Google Classroom APK Versi Terbaru, Untuk Sekolah Online
Sumber gambar: apk pure

Google sangat serius dalam membuat layanan gratis bagi para penggunanya, termasuk untuk Google Classroom. Ada beberapa kelebihan dari Google Classroom yang jarang ditemukan di aplikasi serupa lain, di antaranya:

  1. Antarmuka yang simpel sehingga memudahkan bagi para guru untuk membuat kelas sendiri. Prosesnya juga sangat cepat dengan settingan yang tidak terlalu ribet.
  2. Komunikasi antara guru dan siswa lebih lancar dengan fitur audio dan video berkualitas dari aplikasi ini.
  3. Memudahkan guru dan siswa untuk berbagi file sehingga tidak perlu lagi download lewat platform lain.
  4. Terintegrasi dengan layanan dari Google lainnya yang pastinya akan meningkatkan efektivitas dalam hal kegiatan belajar mengajar.
  5. Data akan tersimpan lebih aman di satu folder khusus. Sehingga suatu ketika Anda ingin mengaksesnya, maka tidak perlu bingung mencari data tersebut.
  6. Termasuk layanan multiplatform yang bisa diakses dari perangkat apapun, baik itu perangkat mobile maupun komputer.

Fitur-fitur yang Disediakan di Aplikasi Google Classroom

Sekarang lanjut ke dukungan fitur yang disematkan di dalam aplikasi Google Classroom, di antaranya:

1. Fitur Tugas

Fitur satu ini akan memudahkan baik guru maupun siswa untuk urusan tugas yang harus dikerjakan. Guru bisa membuat sendiri template file, di mana para siswa bisa melihat, menyalin, bahkan mengeditnya.

2. Fitur Penilaian

Fitur ini tidak kalah menarik, di mana guru bisa memberi nilai pada tugas yang dikerjakan oleh murid. Tugas yang sudah diperiksa juga bisa diberi nilai dan komentar dikembalikan ke siswa. Siswa bisa melakukan revisi sesuai instruksi yang dilampirkan di komentar oleh guru dan mengirimnya kembali.

3. Fitur Tambahan

Selain fitur utama di atas, masih ada lagi beberapa fitur menarik dari Google Classroom. Misalnya fitur pengumuman yang bisa diposting oleh guru dan para murid memungkinkan untuk ikut berkomentar di dalamnya.

Selain itu, ada pula fitur laporan orisinalitas, arsip pembelajaran, hingga keamanan pribadi. Semua fitur ini pastinya akan semakin memaksimalkan aktivitas kelas virtual di Google Classroom.

Itulah tadi informasi mengenai download Google Classroom APK dan fitur-fitur yang disediakan di dalamnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.