Pendukung kebudayaan pacitan adalah jenis manusia purba

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pendukung kebudayaan pacitan adalah jenis manusia purba

Pendukung kebudayaan pacitan adalah jenis manusia purba …

C. Pithecanthropus Erectus

Pembahasan:

Kebudayaan Pacitan adalah kebudayan pra-sejarah yang ditemukan di wilayah Kabupaten Pacitan, jawa Timur oleh arkeolog Gustav von Keonigswald, pada tahun 1935.

Von Koenigswald menemukan beberapa fosil di wilayah Pucangan, yang terdiri dari beberapa peralatan batu, seperti kapak genggam dan kapak perimbas.

Kapak genggam dan kapak perimbas (chopper) adalah adalah batuan yang dibuat batu yang dibuat menjadi tajam, sebagai alat memotong oleh manusia purba, sehingga mirip dengan kapak, tetapi tidak bertangkai dan cara mempergunakannya dengan cara menggenggam.

kemudian peningggalan ini diperkirakan berasal dari masa Pleistosen, yang berlangsung antara 2.588.000 hingga 11.500 tahun yang lalu. Masa ini

adalah masa berkembangnya manusia purba jenis Pithectantropus erectus (atau lebih tepatnya disebut dengan Homo erectus). Sehingga, diduga kuat bahwa kebudayaan Pacitan merupakan hasil dari aktivitas Pithectantropus erectus.

Selain di Pacitan, peningggalan sejenis dengan kebudayaan Pacitan juga ditemukan di Lahat (Sumatera Selatan), Awangbangkal (Kalimantan Selatan), dan Cabbenge (Sulawesi Selatan)

Dari jenis perninggalan peralatan batunya, maka kebudayaan Pacitan ini termasuk pada masa Paleolithikum (Jaman Batu Tua), karena peralatan batu yang dihasilkan masih kasar dan sederhana.

—————————————————————————–

Pelajari lebih lanjut:

Homo erectus dianggap telah memiliki kemampuan inteligensi yang tinggi. Tunjukkan bukti yang mendukung pernyataan tersebut!

Detail Jawaban        

Kode: 10.3.3

Kelas: X      

Mata Pelajaran: Sejarah            

Materi: Bab 3 – Indonesia Zaman Praaksara: Awal Kehidupan Manusia Indonesia

Kata Kunci: Kebudayaan Pacitan

 

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Pendukung kebudayaan pacitan adalah jenis manusia purba Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar