Pendeknya masa kekuasaan kabinet pada masa demokrasi liberal disebabkan karena

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Pendeknya masa kekuasaan kabinet pada masa demokrasi liberal disebabkan karena

Pendeknya masa kekuasaan kabinet pada masa demokrasi liberal disebabkan karena … tidak ada partai dominan di parlemen, sementara sering terjadi perselisihan dan perebutan kekuasaan antara partai di parlemen.

Kabinet akhirnya terbentuk dari koalisi partai. Begitu ada perselisihan antara partai, kabinet akan jatuh akibat mosi tidak percaya sehingga perdana menteri akan mengembalikan mandatnya dan diganti.  

Pembahasan:  

Demokrasi Liberal dimulai sejak kembalinya bentuk pemerintahan menjadi negara kesatuan sejak bubarnya RIS (Republik Indonesia Serikat), hingga Dekrit Presiden 5 Juli 1959.. Pada masa ini Indonesia berupa negara dengan sistem parlementer, artinya kabinet dipimpin oleh perdana menteri yang dipilih oleh parlemen.

Masa ini ditandai dengan seringnya pergantian perdana menteri dan kabinet.

Komposisi parlemen pada saat ini terpecah menjadi berbagai partai-partai politik, dengan tidak ada partai yang mendominasi. Kabinet akhirnya hanya bisa dibentuk dari koalisi berbagai partai. Bila salah satu partai dalam koalisi mencabut dukungannya, kabinet akan jatuh dan perdana menteri harus mengembalikan mandatnya kepada presiden.  

Karena tidak ada partai yang dominan, dan karena adanya pertentangan antar partai di parlemen, kabinet tidak bisa bertahan lama dan sangat sering terjadi pergantian kabinet.  

Pergantian kabinet yang sering ini menyebabkan ketidakstabilan pemerintahan. Kabinet tidak bisa melakukan programnya karena hanya beberapa bulan sudah jatuh. Akibatnya pembangunan tidak dapat berjalan dan kesejahteraan rakyat terbengkalai.

—————————————————————————

Detail Jawaban    

Kode: 12.3.1

Kelas: XII

Mata Pelajaran: Sejarah  

Materi: Bab 1 – Indonesia Era Demokrasi Liberal

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Pendeknya masa kekuasaan kabinet pada masa demokrasi liberal disebabkan karena Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar