Sebutkan tujuan berkarya seni lukis

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan tujuan berkarya seni lukis

Penjelasan:

Tujuan Seni lukis dikelompokkan menjadi :

1. Tujuan Religius

Dalam hal ini, lukisan dipertujukan untuk mendekatkan diri dan menunujukkan pengabdian kepada Tuhan. Contohnya adalah lukisan cap tangan goa leang-leang.

2. Tujuan Komersil

Lukisan ini lebih mementingkan bentuk yang mengikuti selera pasar.

3. Tujuan Kritik Sosial

Lukisan seperti ini dibuat untuk menunjukkan kritik atau ketidakpuasan terhadap pemerintah maupun penguasa setempat.

4. Tujuan Ekspresi

Dalam hal ini, pelukis bertujuan menunjukkan ekspresi atau emosi dalam dirinya. Dalam lukisan seperti ini, terlihat jiwa pelukis itu sendiri, karena pelukis benar-benar membuatnya dengan ciri khas sendiri.

Pembahasan

Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa yang berbentuk dua dimensi. Seni lukis tercipta dari titik, garis, bidang, bentuk, warna, dan helap terang serta memerhatikan komposisi, keseimbangan (balance), dan persatuan (unity). Seni lukis juga memliki aliran dan gaya. Hal itu terbagi menjadi dua yaitu Representatif dan nonpresentatif. Aliran reprsentatif adalah aliran dimana lukisan mengikuti gaya kehidupan nyata atau kehidupan alam maupun masyarakat. Sedangkan nonpresentatis adalah aliran dimana lukisan berbentuk formal dengan bentuk yang terbebas dari unsur alam. Seni lukis yang terkenal di Indonesia salah satunya adalah Affandi.

#Klau salah Mon maap :v

#Jan Lupa follow me! 🙂

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan tujuan berkarya seni lukis Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar