Bagaimana cara menirukan gerakan kupu kupu

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagaimana cara menirukan gerakan kupu kupu

Gerakan yang dapat dilakukan untuk menirukan kupu-kupu adalah dengan menggerakkkan kedua tangan naik dan turun secara serentak.

Pembahasan

Gerakan hewan seringkali ditirukan dalam beberapa tarian yang menjadi salah satu kekayaan budaya di Indonesia. Salah satu gerakan hewan yang ditirukan dan menjadi gerakan dalam tarian adalah kupu-kupu.

Tari kupu-kupu diciptakan oleh I Wayan Beratha untuk menggambarkan eksotisme, kedamaian, dan keindahan Pulau Bali. Tari ini disebut sebagai tari kupu-kupu karena gerakan yang digunakan menyerupai kupu-kupu yang sedang terbang. Pakaian yang dikenakan oleh para penarinya juga berwarna-warni agar sesuai dengan gerakannya.

Gerakan pada tari kupu-kupu menyertakan semua anggota tubuh tetapi didominasi oleh gerakan pada bagian tangan dan kaki yang mengikuti iringan musik. Gerakan yang paling menarik perhatian adalah saat penari bergerak layaknya kupu-kupu dengan menaik dan menurunkan selendangnya di mana warna selendang yang berwarna-warni menambah keindahan seperti halnya kupu-kupu.

Tari kupu-kupu ini diiringi dengan alat musik gamelan Bali yang dimainkan oleh sekelompok musisi. Tak jarang alunan musiknya diiringi oleh seorang sinden atau penyanyi yang menambah kesan hidup pada musik yang mengiringi tarian kupu-kupu tersebut.

Pelajari lebih lanjut

———————————-

Detil Jawaban

Kelas : VII SMP

Mapel : Seni Budaya

Bab : Gerak Tari dan Iringan

Kode kategori : 7.19.6

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Bagaimana cara menirukan gerakan kupu kupu Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar