Burung merpati dapat melakukan migrasi memanfaatkan medan magnet karena

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Burung merpati dapat melakukan migrasi memanfaatkan medan magnet karena

Burung merpati dapat melakukan migrasi dapat memanfaatkan medan magnet karena burung merpati menggunakan reseptor yang peka medan magnet, untuk mengetahui arah, ketinggian dan memetakan tujuannya dalam migrasi

Pembahasan:

Beberapa hewan memiliki kemampuan untuk mendeteksi medan magnet untuk mengetahui arah, ketinggian atau lokasi. Kemampuan sensoris ini digunakan oleh berbagai binatang untuk orientasi dan navigasi.

Kemampuan peka medan magnet ini disebut “Magnetoreseptor” dan terdapat di bakteri, serangga, moluska, dan beberapa vertebrata seperti pada burung merpati. Kemampuan peka medan magnet ini memungkinkan burung merpati untuk bermigrasi pada jarak jauh, dan tetap mengetahui arah terbang meski pada malam hari yang gelap dan berawan.

Bagian yang peka terhadap medan magnet ini terdapat di sekelompok sel di batang otak. Sel-sel ini mampu merekam baik arah maupun kekuatan medan magnet.

Kemampuan navigasi merpati ini dimanfaatkan oleh manusia untuk mengirim pesan, dengan menggunakan merpati pos, yang dapat kembali lagi ke sarangnya.

Pelajari lebih lanjut

Apa fungsi dari ujung saraf pembau pada hidung?  

————————————————————————————–

Detail Jawaban

Kode:  –

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Biologi  

Materi: Sistem Indera

Kata kunci: Magnetoreseptor  

 

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Burung merpati dapat melakukan migrasi memanfaatkan medan magnet karena Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar