4 Cara Mudah Atasi Mata Lelah Akibat Paparan Layar Monitor

Hallo sobat teknohits, kali ini kami akan memberikan info penting untuk kamu yang selalu menatap layar monitor setiap hari, mungkin karena tuntutan pekerjaan atau lagi hobi main game di PC membuat kamu terus berhubungan dengan layar monitor.

Terus menatap layar monitor setiap hari tentu tidak baik ya, karena dapat menyebabkan masalah pada mata kamu salah satu masalah yang disebabkan ketika terus menatap layar monitor adalah membuat mata kamu lelah atau biasa disebut mata lelah. Namun tidak usah terlalu khawatir, karena ada berbagai cara untuk mengatasi mata lelah, untuk itu yuk kita bahas dibawah ini.

 

Cara Mudah Atasi Mata Lelah Akibat Paparan Layar Monitor

 

Jauhkan mata dari komputer

Menatap layar komputer terlalu lama dapat membuat mata lelah. Karenanya, kamu harus jauhkan mata dari paparan layar komputer setiap 20-30 menit sekali. Cara ini bisa mengurangi mata kering, sakit kepala dan pandangan kabur akibat cahaya dari layar komputer. Atau kamu dapat mengatur jarak pandang antara mata dan layar komputer setidaknya 50-60 cm dan pastikan pencahayaan di ruangan cukup. Tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.

 

Minum banyak air

Konsumsi banyak air putih juga dapat menjaga kelembapan mata. Selain itu menghidrasi tubuh juga dapat mengembalikan konsentrasi yang mulai luntur jika mata sudah lelah. Kemudian seimbangi dengan ambil napas dalam-dalam yang berguna mengembalikan semangat untuk menjalani hari.

 

Tutup mata sejenak

Metode relaksasi mata terbaik dengan menggosok mata menggunakan telapak tangan untuk memberi kesan hangat. Namun cara ini berisiko membuat mata kamu iritasi jika telapak tangan tidak dalam keadaan bersih. Cara yang tepat adalah dengan memejamkan mata selama 5-10 detik. Cara ini dapat mengurangi stres atau rasa lelah yang melelahkan mata. Kemudian berkedip cepat juga dapat membantu melembabkan mata.

 

Putar mata

Untuk meredakan mata lelah karena terlalu lama bekerja di depan komputer. Kamu bisa melakukan olahraga mata ringan, seperti memutar bola mata searah jarum jam dan arah berlawanan. Setidaknya lakukan 7-10 kali dalam sehari.