Apa Penyebab Lesung Pipit? Begini Penjelasannya
Sumber gambar: viva

Apa Penyebab Lesung Pipit? Begini Penjelasannya

Hallo sobat teknohits, tahukah kamu apa itu lesung Pipit? Nah jika kamu tahu afgan maka kamu juga akan tahu apa itu lesung Pipit, lesung Pipit itu sebuah tanda yang terdapat di pipi jika sedang tersenyum maka lesung Pipit akan terlihat jelas.

Lesung Pipit atau biasa disebut kempot ini menjadi ciri khas yang dianggap menarik bagi beberapa orang, karena orang yang mempunyai lesung Pipit dianggap lebih manis dan menarik perhatian. bahkan pada tahun 1923, seorang Ilmuwan bernama Evangeline I Gilbert mengajukan paten untuk alat produksi lesung pipi. Alat itu pada dasarnya berupa tali logam dengan dua kenop yang meninggalkan cekungan di pipi pemakainya.

Meski penemuan cantik tersebut tak mungkin memberikan efek yang bertahan lama, keberadaannya membuktikan bahwa banyak orang menganggap lesung pipi sebagai ciri khas yang menarik. Teori pentinh penyebab anomali menawan ini melibatkan zygomaticus mayor, otot yang membentang dari tulang pipi ke sudut mulut dan mengangkat sudut itu saat kamu tersenyum.

Jika orang tanpa lesung pipit, zygomaticus mayor yaitu satu pita yang berkelanjutan. Tapi di beberapa orang yang berlesung pipi, para ilmuwan menemukan bahwa adanya otot bercabang di dekat mulut. Ketika mereka tersenyum lesung pipi muncul di tempat zygomaticus mayor ganda atau bifid yang terbelah.

Tapi para Ilmuwan yang melakukan penelitian juga belum memastikan zygomaticus menjadi penyebab terhadap semua lesung pipi. Ada satu kemungkinan bahwa variasi otot wajah lain dapat memengaruhi pembentukan lesung pipi. Gimama seseorang mempunyai otot wajah yang tidak biasa dan membentuk lesung pipi juga masih belum bisa terjawab. Orangtua yang memiliki lesung pipi berkemungkinan anaknya juga akan memiliki lesung pipi.

Para ilmuan juga setuju bahwa genetika adalah kuncinya. Orang dulu beranggapan jika lesung pipi adalah sifat dominan yang diwariskan dari orangtuanya. Tapi, hal ini tidak selalu terjadi. Saat ini, seperti dilaporkan Healtline, lesung pipi disebut sebagai sifat dominan tidak beraturan. Artinya ada beberapa pengecualian dalam aturan tersebut. Jadi, lesung pipi tidak hanya disebabkan oleh zygomaticus, namun faktor gen juga berpengaruh.