Bangga! 4 Hewan Langka Ini Cuma Ada di Indonesia, Apa Saja?

Bukan cuma kaya akan alamnya, Indonesia juga terkenal dengan hewan langkanya yang masih hidup di tanah nusantara. banyak sekali soesies hewan langka yang terdapat di Indonesia dan tersebar dari sabang sampai merauke.

Tentunya hewan langka tersebut harus dijaga dengan benar, karena jangan sampai hewan hewan tersebut punah. hewan langka itu ibarat harta karun yang tidak dimiliki oleh negara lain, Indonesia menjadi negara yang memiliki beberapa hewan langka yang hanya terdapat di Indonesia. Hewan apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama.

 

4 Hewan Langka Ini Cuma Ada di Indonesia

 

Tarsius

Tarsius
Sumber gambar: satu harapan

Hewan malam yang punya nama lain Mentilin ini berasal dari Bangka Belitung. Meski begitu, tarsius juga bisa ditemukan di Riau dan sebagian Kalimantan. satwa yang mempunyai warna coklat ini kemerahan hingga abu-abu kecoklatan ini memiliki panjang 12 hingga 15 cm, sehingga dijuluki primata terkecil dunia. Ciri fisiknya bermata besar mirip burung hantu, jadi tidak heran jika sebagian orang menyebutnya kera hantu. Namun, mata tarsius tidak berfungsi saat siang hari.

 

Harimau

harimau sumatera
Sumber gambar: bbc

Ada dua spesies langka harimau yang hanya ditemukan di Indonesia yakni harimau sumatera dan bali. Tapi, harimau bali telah dinyatakan punah sejak 1937 akibat habitatnya terganggu. Adapun harimau sumatera kini jumlahnya diperkirakan hanya tersisa sekira 500 ekor.

Jumlah tersebut juga terus menurun dari tahun-tahun sebelumnya sehingga pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan harimau sumatera. Harimau jantan Sumatera biasanya memiliki panjang sekira 92 inci, tinggi 60 sentimeter, dan berat 140 kilogram. Sementara harimau betina memiliki panjang tubuh rata-rata 78 inci dan berat 91 kg.

 

Badak

Badak
Sumber gambar: suara surabaya

Setidaknya ada dua jenis badak asli Indonesia yang sangat langka dan dilindungi, yakni badak jawa dan badak sumatera. Namun, badak paling populer yaitu badak bercula satu asli dari Jawa. Kendati telah dibuatkan penangkaran di Ujung Kulon, Banten, populasi hewan ini terus mengalami penurunan. Mirisnya, data terakhir menyebutkan bahwa jumlahnya hanya mencapai puluhan ekor saja.

Dalam ilmu pengobatan China kuno, cula badak dianggap sangat manjur mengobati berbagai penyakit. Culanya bahkan bisa dihargai sangat mahal sehingga banyak diburu orang.

 

Orang utan

Orang utan
Sumber gambar: the conversation

Banyak spesies primata yang tersebar di muka Bumi ini. Namun dari sekian banyak hewan langka itu, ada yang hanya ada di Indonesia, yaitu orang utan. Dibandingkan jenis kera lainnya, orang utan memiliki rambut yang lebih panjang. Spesies ini bahkan dikenal punya tingkat inteligensi tinggi dan harapan hidup yang lebih panjang ketimbang keluarga primata lainnya. Hewan yang mampu bertahan hidup hingga 30 tahunan ini juga konon memiliki segi DNA yang mirip dengan manusia. Orang utan banyak ditemukan di hutan-hutan Pulau Kalimantan dan Sumatera