Benarkah Beras Bisa Sembuhkan Ponsel yang Terkena Air?

Hallo sobat teknohits dimanapun kalian berada, pernahkah kamu mendengar jika beras bisa menyembuhkan ponsel yang terkena air? terkadang beberapa orang akan menyelupkan ponselnya kedalam tumpukan beras agar kandungan air yang terdapat di smartphone akan terserap oleh beras.

Caranya sangat mudah yaitu merendam ponsel pada sebuah wadah berisi beras dan mendiamkannya selama beberapa waktu. Namun, Benarkah cara ini efektif untuk menyelamatkan ponsel kamu yang basah kuyup akibat tenggelam di air?

Dikutip dari Usatoday, beberapa situs web menyarankan kamu untuk memasukkan alat elektronik yang telah direndam dalam cairan ke dalam sekantong beras mentah, untuk mengeluarkan air. Tapi Sebenarnya itu tidak berhasil dan bisa menimbulkan debu ke dalam ponsel juga.

Dalam sebuah studi penelitian, beras dikatakan bekerja lebih lambat daripada hanya meninggalkan ponsel di meja. Sekitar 48 jam di dalam beras, hanya 13% air yang keluar dari ponsel. Pada saat ponsel benar-benar kering, bisa jadi korosi akan merusak perangkat elektronik yang halus di dalam. Apa yang bisa merusak ponsel basah ialah listrik. Oleh karena itu, disarankan agar pengguna tidak melakukan pengisian daya. Bila pengisian daya terjadi, maka listrik akan mengalir, menyentuh air yang ada di dalam dan akan membahayakan komponen papan sirkuit.