Cara Mudah Rekam Panggilan WhatsApp di Android dan iOS

Whatsapp kini menjadi aplikasi paling digemari di dunia, terdapat banyak sekali fitur di dalamnya yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah panggilan telepon, kemudian di fitur calling ini ternyata kamu bisa juga melakukan perekaman saat ngobrol dengan teman mu.

Merekam panggilan telepon di whatsapp ternyata sangat mudah loh sobat teknohits, untuk kamu pengguna android maupun iOS juga bisa, namun bukan melalui perangkat internal smart dan bukan pula menggunakan fitur yang terdapat di whatsapp, karena kamu dapat melakukan perekaman telpon melalui aplikasi ketiga.

 

Berikut Ini Cara Mudah Rekam Panggilan WhatsApp di Android dan iOS

 

1. Download aplikasi Cube ACR di smartphone Android

Download aplikasi Cube ACR di smartphone Android
Sumber gambar: apk pure

Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi yang disebut Cube ACR (Another Call Recorder). Berikut cara mengaktifkan perekaman panggilan tersebut:

– Instal Cube ACR (Another Call Recorder) dari Play Store.

– Buka aplikasi dan berikan semua izin.

– Lalu buka aplikasi WhatsApp dan hubungi kontak.

– Jika widget Cube Call muncul dan menyala, itu berfungsi.

– Jika tidak ada yang terjadi, buka pengaturan Cube Call Recorder dan aktifkan ‘Abaikan Pemeriksaan Dukungan VoIP’ (Ignore VoIP-Support Check) dan ‘Paksa mode panggilan masuk’ (Force in-call mode).

 

2. Gunakan aplikasi Real Call Recorder di Android

Gunakan aplikasi Real Call Recorder di Android
Sumber gambar: apk pure

Call recorder ini salah satu aplikasi perekam panggilan paling populer, ini dapat digunakan untuk mengunduh panggilan telepon dari WhatsApp Messenger, Facebook Messenger, Viber, Skype, dan lainnya.

Utilitas Real Call Recorder tak hanya mendukung perekaman panggilan masuk, namun juga perekaman panggilan keluar. Ini secara otomatis akan merekam semua panggilan yang dilakukan menggunakan WhatsApp dan menyimpan file rekaman dalam format MP3. Jadi sangat nyaman buat kamu untuk memutarnya di ponsel kapan saja. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu membagikan rekaman langsung di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

 

langkah-langkah merekam panggilan WhatsApp dengan Real Call Recorder

– Buka aplikasi perekam ini di ponsel kamu.

– Di antarmuka aplikasi, pilih ikon WhatsApp untuk mengaktifkan perekaman panggilan WhatsApp.

– Setelah itu aplikasi akan masuk ke latar belakang kamu dan secara otomatis merekam setiap kali panggilan WhatsApp sedang berlangsung.

– Setelah panggilan selesai, rekaman akan disimpan. Kamu dapat menemukan dan memutarnya dari daftar rekaman.

 

3. Gunakan aplikasi Messenger Call Recorder di Android

Gunakan aplikasi Messenger Call Recorder di Android
Sumber gambar: apk pure

Aplikasi Messenger Call Recorder juga yaitu pilihan bagus untuk merekam panggilan WhatsApp. Ini memiliki banyak kesamaan dengan Real Call Recorder. Aplikasi ini merekam panggilan WhatsApp dengan kualitas suara definisi tinggi bersama dengan konsumsi baterai dan memori telepon yang lebih sedikit.

Kamu bisa mengatur preferensi untuk durasi minimum panggilan WhatsApp untuk direkam guna menghindari perekaman yang tidak perlu secara otomatis. Dalam daftar rekaman, kamu dapat dengan mudah menemukan rekaman yang kamu inginkan dengan menggunakan opsi penyortiran waktu dan tanggal, dan menandai rekaman apa pun sebagai favorit kamu.

 

Merekam panggilan WhatsApp di iOS

Kamu juga dapat merekam panggilan WhatsApp di platform iOS iPhone. Namun, prosesnya sedikit lebih rumit. Jadi, pastikan mengikuti setiap langkah dengan hati-hati untuk menghindari kesalahan. Berikut urutannya:

– Hubungkan iPhone ke Mac dan periksa ‘Percayai komputer ini di iPhone’ (Trust this computer on the iPhone).

– Kemudian buka Quicktime di Mac. Di bawah file, pilih ‘Rekaman Audio Baru’ (New Audio Recording) dan pilih iPhone kamu.

– Lalu klik pada tombol Rekam (Record) di Quicktime.

– Dari iPhone kamu, lakukan panggilan WhatsApp ke perangkat WhatsApp sekunder kamu.

– Setelah terhubung, kamu perlu menggunakan fitur panggilan grup WhatsApp untuk menambahkan orang yang ingin diajak bicara.

– Setelah selesai dengan percakapan, hentikan perekaman di Quicktime dan simpan di Mac.

– kamu perlu memastikan iPhone terhubung ke Mac selama percakapan. Selain itu, tiga perangkat harus aktif dalam panggilan grup