4 Dampak Mengerikan Mungkin Terjadi bila Asteroid Jatuh ke Bumi

Hallo sobat teknohits, tahukah kamu apa itu Asteroid? Ya. Asteroid adalah benda luar angkasa yang bentuknya menyerupai bongkahan batu yang sangat besar dan sewaktu waktu bisa terjatuh ke bumi dan menyebabkan suatu hal yang sangat mengerikan.

Dilansir dari berbagai situs terpercaya, kabarnya terakhir kali asteroid terjatuh ke bumi terjadi pada 66 juta tahun yang lalu dan mengakibatkan punahnya spesies dinosaurus yang dahulu menjadi penghuni planet bumi. Namun, tahukah kamu jika asteroid kembali jatuh ke bumi apakah yang akan terjadi?

 

4 Hal Mengerikan yang Mungkin Terjadi bila Asteroid Jatuh ke Bumi

Dampak Mengerikan Mungkin Terjadi bila Asteroid Jatuh ke Bumi
Sumber gambar: detik inet

 Cuaca akan sangat berangin

Pada tahun 2017, sekelompok ilmuwan Inggris menjalankan 50.000 simulasi komputer tentang dampak asteroid di berbagai belahan dunia. Penelitian itu menemukan bahwa salah satu dampak terbesar bagi peradaban manusia yaitu angin yang mengikutinya. Saat benda besar sedang menghantam Bumi, hal tersebut menyebabkan guncangan yang serius di atmosfer. Asteroid yang hancur di udara, seperti peristiwa Chelyabinsk 2013, dapat menyebabkan perubahan yang signifikan.

 

Terjadi radiasi termal

Saat asteroid menabrak benda yang lebih besar, mereka melepaskan banyak energi. Dengan energi itu akan memunculkan energi panas, jadi manusia akan menghadapi sejumlah besar kebakaran setelahnya.

 

 Menyebabkan pergeseran seismik

Dikarenakan sebagian besar Bumi dipenuhi lautan, atau sekira 70 persen dari permukaan Bumi, kemungkinan besar asteroid akan mendarat di Atlantik atau Pasifik. Ini bakal menyebabkan gempa Bumi, kemudian bisa menimbulkan tsunami. Peneliti Inggris menemukan bahwa dari 50.000 simulasi, tsunami merupakan penyebab kematian terbesar

 

 Akan berdampak jangka panjang

Dampak tersebut seperti degradasi seluruh iklim planet ini, dan sajian panen yang meluas bahkan dapat memusnahkan kehidupan yang ada di Bumi seperti pada zaman dinosaurus yang musnah akibat asteroid yang menghantam bumi pada waktu itu.