Tips Penting Memaksimalkan RAM Smartphone agar Tidak Lemot

Hallo sobat teknohits, tahukah kamu apa itu RAM? RAM atau random access memory merupakan komponen paling penting bagi smartphone, karena RAM menjadi perangkat yang menyimpan berbagai data yang terdapat pada smartphone. seperti foto, video, aplikasi, sistem dan komponen lainnya.

Misalnya ketika kamu sedang mengedit foto maka foto dan aplikasi yang kamu gunakan otomatis tersimpan di dalam RAM, jadi bisa disimpulkan jika makin besar kapasitas RAM maka makin banyak yang bisa dilakukan. Oleh itu, kondisi RAM harus selalu dijaga agar terjamin kecepatan kinerjanya.

 

Berikut Ini Tips Penting Memaksimalkan RAM Smartphone agar Tidak Lemot

 

Batasi widget dan wallpaper

Salah satu cara untuk memaksimalkan RAM smartphone adalah membatasi widget dan wallpaper hidup. Karena keduanya cukup menyita penggunaan RAM. Hal ini juga dapat menyebabkan baterai terkuras lebih cepat. Jadi pembatasan jumlah widget dan wallpaper berlaku untuk mengoptimalkan memori smartphone.

 

Hapus instalan aplikasi secara manual

Selanjutnya tutup atau hapus instalan aplikasi secara manual. Ini dapat dilakukan dengan mengakses Setting > Application, lalu ketuk application. Di bawah judul Memori bisa dilihat berapa banyak RAM yang telah digunakan dalam 3 jam terakhir. Dari sana dapat berhenti paksa aplikasi untuk membebaskan RAM dalam jangka pendek, atau cukup uninstall jika merasa itu tidak layak digunakan lagi.