Cara Mudah dan Aman Backup Data di Perangkat Android
Sumber gambar: etalasenews

3 Cara Mudah dan Aman Backup Data di Perangkat Android

Hallo sobat teknohits dimanapun kalian berada, setelah kemarin memberikan info mengenai fitur fitur keren yang terdapat di aplikasi whatsapp, kali ini teknohits ingin memberikan info kembali mengenai cara mudah backup data di perangkat Android. Di era digital ini, tentunya Mayoritas masyarakat sudah mempunyai smartphone yang selalu mereka bawa kemanapun, smartphone sendiri memiliki fungsi yang banyak, diantaranya memenuhi kebutuhan dalam mencari informasi, hiburan, dan semacamnya.

Banyak juga orang yang menggunakan smartphone sebagai media penyimpanan data pribadi, namun terkadang berbagai data tersebut sering kali hilang entah kemana, maka dari itu kamu harus mengikuti cara mudah backup data di android menurut teknohits, jadi kamu tidak usah takut lagi jika data di ponsel kamu hilang karena sudah ada salinannya.

 

3 Cara Mudah dan Aman Backup Data di Perangkat Android

 

Backup otomatis menggunakan Google

Backup otomatis menggunakan Google
Sumber gambar: bersama tekno

yang pertama adalah backup melalui Google merupakan salah satu cara yang mudah untuk memastikan kamu dapat mengakses dan memulihkan data yang hilang ke ponsel baru.

Langkah-langkahnya:

– Buka menu “Setting” di ponsel dan pilih “System”, lalu buka “Backup”.

– Jika kamu tak dapat menemukan opsi ini, gunakan fungsi pencarian dan cari “Backup”.

– lalu klik “Backup”, setelah itu akan terbuka halaman dengan opsi “Back up to Google Drive”. Pada halaman ini kamu dapat dengan jelas melihat semua data yang akan di-backup.

– Lalu aktifkan opsi Backup dan pilih akun Google tempat data ini perlu dicadangkan.

– Setelah selesai, smartphone secara berkala akan mengambil cadangan dari hal-hal yang disebutkan di atas yang dapat kamu “Recover” saat kamu mengatur ulang ponsel atau membeli ponsel baru.

 

Backup foto menggunakan Google

Foto merupakan salah satu data yang sangat berharga bagi sebagian besar orang dan kemungkinkan disimpan di ponsel. Jika ponsel kamu rusak atau hilang, pastinya akan sangat disayangkan karena bisa saja kehilangan foto-foto berharga yang ada di dalamnya. Untungnya, Google menyediakan fitur mencadangkan foto dengan aman dan otomatis. Ini caranya:

– Buka Google Photos.

– Lalu klik lingkaran di pojok kanan atas untuk mengakses menu “Settings”.

– Kemudian Buka “Photos Settings”.

– Setelah itu buka “Backup and Sync”.

– Klik “On” pada “Switch” yang tersedia.

 

Backup data ke PC

Bila kamu merasa tidak nyaman melakukan backup dengan Google atau aplikasi pihak ketiga mana pun, bisa melakukannya langsung ke PC. Caranya cukup dengan menghubungkan kabel dari PC ke smartphone. Berikut langkah:

– Hubungkan ponsel Android ke PC dengan kabel USB.

– Buka jendela Windows Explorer dan arahkan ke ponsel.

– Di sini akan terlihat banyak folder, termasuk foto, video, dan dokumen lainnya.

– Pergilah ke setiap folder dan salin/tempel hal-hal yang ingin disimpan ke PC untuk diamankan.