Awas! Data Pribadi Bocor karena Install Aplikasi VPN Gratis

Hallo sobat teknohits, apakah kamu memasang aplikasi VPN dalam Smartphone kamu? jika iya, kamu harus berhati hati ya karena banyak yang melaporkan jika data pribadi beberapa orang pengguna bocor yang diakibatkan memasang aplikasi VPN secara gratis.

Maka dari itu, Salah satu upaya yang harus kamu lakukan untuk menjaga data pribadi agar tidak bocor yaitu tidak sembarangan menggunakan aplikasi VPN gratis. untuk yang belum tahu VPN merupakan Virtual Private Network, aplikasi yang digunakan untuk membuka situs dan perangkat tertentu. tapi, VPN ternyata tidak aman karena diklaim bisa meretas data privasi penggunanya.

Kepala Penelitian Siber Check Point, Yaniv Balmas mengatakan, ternyata banyak aplikasi VPN gratis yang bisa mengekspos data pribadi pengguna meski sudah terkunci. “VPN merupakan layanan yang dirancang untuk mengenkripsi seluruh lalu lintas komputer. Layanan tersebut seharusnya menyediakan layanan yang aman dan tangguh,” kata Balmas.

Balmas menambahkan, saat pengguna menyembunyikan identitasnya, dengan mudah bisa terenkripsi melalui satu atau lebih router anonim. Yang berarti, penyedia VPN menggunakan metode enkripsi terbaru dan sering mengubah titik peruteannya. Masalahnya terletak pada detail dari VPN itu sendiri. VPN yang digunakan dengan buruk, lebih banyak kerugian ketimbang manfaat yang didapat penggunanya,” katanya.

Tak hanya itu, menggunakan aplikasi VPN gratis juga berpotensi melanggar privasi dan berisiko masuknya berbagai jenis virus. “Kami menguji 150 aplikasi VPN Android gratis teratas dan menemukan banyak yang bermasalah di segi keamanan,” kata pakar VPN, Callum Tennent. Bukan cuma aplikasi gratis VPN untuk Android saja, 20 aplikasi VPN teratas untuk iPhone juga ditemukan hal yang sama. Sebanyak 38 persen VPN menunjukkan sinyal terinfeksi malware.