3 Fakta Keren Uranus, Planet Terdingin di Sistem Tata Surya

Hallo sobat teknohits, karena sebelumnya kami sudah memberikan fakta mengenai beberapa planet, dan kali ini teknohits akan membahas mengenai fakta keren Uranus, menurut beberapa penelitian Uranus memiliki fakta yang tak kalah keren dari pluto loh mulai dari planet terdingin dan lain-lain. Uranus juga merupakan planet ketiga yang memiliki luas paling besar di tata Surya berdasarkan jumlah massa. masih banyak sekali fakta menarik mengenai planet Uranus ini, untuk itu yuk kita bahas bersama dibawah ini.

 

3 Fakta Keren Uranus, Planet Terdingin di Sistem Tata Surya

Fakta Keren Uranus, Planet Terdingin di Sistem Tata Surya
Sumber gambar : liputan 6

Planet Terdingin

Uranus mengorbit pada jarak 2,88 miliar kilometer dari matahari dan lebih dekat jika dibandingkan dengan planet Neptunus sekira 4,5 miliar kilometer. Meski begutu, jarak kedekatan Uranus dengan matahari tak menjadikannya lebih hangat dibandingkan Neptunus. Planet Uranus diketahui memiliki suhu yang lebih dingin yakni -201 derajat celcius hingga yang terendah sekira -218 derajat celcius. Sedangkan temperatur di atmosfernya mencapai -197,2 derajat celcius hingga -226 derajat celcius.

Itu karena Uranus hanya memiliki sedikit penyerapan panas matahari. Sementara planet lain memiliki inti yang meradiasi infra merah sehingga menghasilkan lebih banyak suhu panas.

 

Uranus Berotasi dengan Cara Menyamping

Semua planet di tata surya berputar pada porosnya dengan kemiringan yang mirip dengan matahari. Dalam banyak contoh, planet-planet memiliki kemiringan aksial, di mana salah satu kutub akan cenderung sedikit ke arah matahari. Misalnya saja, Bumi memiliki sumbu rotasi dengan kemiringan 23,5 derajat dari matahari. Demikian dengan Mars yang memiliki sudut kemiringan sebesar 24 derajat yang mengakibatkan perubahan musim di kedua planet tersebut.

Meski begitu, dibandingkan Mars dan Bumi, planet Uranus memiliki poros rotasi yang cukup unik yakni sebesar 99 derajat. Dengan kata lain, planet ini berotasi secara menyamping. Jika diperhatikan, maka gerakannya akan mirip seperti bola yang menggelinding.

 

memiliki 27 Bulan

Sama seperti planet lainnya, termasuk Bumi, Uranus memiliki satelit alami atau bulan yang mengelilinginya. Jumlah bulan di planet Uranus bahkan lebih banyak yang dimiliki oleh Bumi, yakni sebanyak 27. Hanya saja ukuran bulan di Uranus cenderung lebih kecil dan tak teratur. Jika dijumlahkan semuanya, berat bulan di Uranus tak mencapai setengah berat bulan yang dimiliki planet Neptunus. Sementara bulan terbesar di Uranus ialah Miranda, Ariel, Umbriel, Oberon dan Titania. Bulan-bulan tersebut memiliki diameter 472 km, dan untuk Miranda memiliki diameter 1.578 km. Ariel adalah bulan yang terang sedangkan Umbriel adalah yang paling gelap.