Tahukah Kamu Apa Itu WhatsApp Gold & Bahaya Kah Jika Digunakan?

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi paling populer di dunia yang sudah mempunyai 1 miliar pengguna aktif bulanan. aplikasi ini sangat digemari para pengguna smartphone yang bisa diunduh lewat layanan resmi, App Store dan Google Play Store.

Dengan kesuksesan tersebut, kepopuleran aplikasi yang berbasis di kota California, Amerika Serikat tersebut dimanfaatkan oleh orang orang tidak bertanggung jawab dan ingin meraih keuntungan dengan membuat aplikasi yang sangat menyerupai salah satu aplikasi tersebut adalah whatsapp Gold. Akan tetapi apakah kamu tahu apa itu whatsapp gold? Dan apakah bahaya jika menggunakan aplikasi tersebut? Yuk kita ulas bersama dibawah ini.

Apa Itu WhatsApp Gold?

Dalam sebuah pesan berantai, disebut jika WhatsApp mempunyai sebuah layanan premium yang pada akhirnya bocor ke publik sehingga dapat di download dan dipakai oleh para pengguna umum. Layanan premium tersebut sebagai WhatsApp Gold.

Versi premium WhatsApp tersebut memberikan berbagai macam fitur khusus, seperti mengirim foto ke 100 orang sekaligus, bisa menghapus pesan terkirim pada suatu waktu, membuka pesan tanpa ketahuan dan lain sebagainya.

Tapi sayang, layanan WhatsApp Gold terasebut ternyata bukan layanan resmi dari platform WhatsApp, sebab saat kamu akan memperbarui WhatsApp ke versi ini akan dilempar ke halaman non resmi WhatsApp dan bukan Google Play Store atau App Store.

Yang perlu dicurigai lagi, aplikasi yang sebenarnya buatan dari pihak ketiga yang memanfaatkan source code dari WhatsApp ini bisa saja memuat hal-hal yang berbahaya, seperti malware atau pencurian data. Sebenarnya, pesan berisi WhatsApp Gold ini telah beredar sejak tahun 2016 lalu. Namun, pesan tersebut kembali populer beberapa waktu belakangan ini dengan membawa konsep yang masih sama.

Apa Yang Harus Dilakukan?

Supaya terhindar dari bahaya aplikasi semacam ini, ada baiknya tidak mengunduh aplikasi dari sumber non resmi. Khususnya aplikasi WhatsApp, aplikasinya secara resmi hanya bisa diunduh melalui halaman WhatsApp, Google Play Store, App Store, atau toko aplikasi resmi lainnya.

Selain itu, jika kamu memperoleh pesan mengenai hal yang belum terbukti kebenarannya, seperti pesan WhatsApp Gold ini, ada baiknya kamu tidak pernah meneruskannya ke orang lain agar tidak banyak yang tertipu oleh pesan tersebut.

Dan bagi kamu yang sudah terlanjur menggunakan aplikasi WhatsApp Gold ini, sebaiknya kamu melakukan reset pabrik atau factory reset pada perangkat yang kamu gunakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.