Susunan Surat dalam Alquran

Pendahuluan

Hello Sobat Teknohits! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang susunan surat dalam Alquran. Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang berisi ajaran dan petunjuk dari Allah SWT. Terdiri dari 114 surat, Alquran menjadi pedoman hidup bagi setiap umat Islam di seluruh dunia. Oleh karena itu, pengetahuan tentang susunan surat dalam Alquran sangat penting untuk dipelajari. Mari kita simak bersama-sama!

Urutan Surat dalam Alquran

Alquran terdiri dari 114 surat yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu surat-surat Makkiyah dan Madaniyah. Surat-surat Makkiyah adalah surat yang diturunkan di Makkah sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, sedangkan surat-surat Madaniyah adalah surat yang diturunkan di Madinah setelah Nabi Muhammad hijrah ke sana. Urutan surat dalam Alquran dimulai dari surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas.

Susunan Surat dalam Alquran Berdasarkan Jumlah Ayat

Selain berdasarkan kategori Makkiyah dan Madaniyah, Alquran juga dapat dikelompokkan berdasarkan jumlah ayat yang terdapat pada setiap suratnya. Terdapat beberapa golongan, yaitu:

  • Surat-surat yang mempunyai jumlah ayat kurang dari 10.
  • Surat-surat yang mempunyai jumlah ayat antara 11-20.
  • Surat-surat yang mempunyai jumlah ayat antara 21-30.
  • Surat-surat yang mempunyai jumlah ayat antara 31-40.
  • Surat-surat yang mempunyai jumlah ayat antara 41-50.
  • Surat-surat yang mempunyai jumlah ayat lebih dari 50.

Susunan Surat dalam Alquran Berdasarkan Kategori Makkiyah dan Madaniyah

Surat-surat Makkiyah dan Madaniyah memiliki perbedaan dalam hal konteks dan tema yang dibahas. Berikut ini adalah susunan surat dalam Alquran berdasarkan kategori Makkiyah dan Madaniyah:

  • Surat-surat Makkiyah: Al-Fatihah, Al-Baqarah, Ali ‘Imran, An-Nisa’, Al-Ma’idah, Al-An’am, Al-A’raf, Al-Anfal, At-Taubah, Yunus, Hud, Yusuf, Ar-Ra’d, Ibrahim, Al-Hijr, An-Nahl, Al-Isra’, Al-Kahf, Maryam, Ta Ha, Al-Anbiya’, Al-Hajj, Al-Mu’minun, An-Nur, Al-Furqan, Asy-Syu’ara’, An-Naml, Al-Qasas, Al-Ankabut, Ar-Rum, Luqman, As-Sajdah, Al-Ahzab, Saba’, Fatir, Ya Sin, As-Saffat, Sad, Az-Zumar, Ghafir, Fussilat, Ash-Shura, Az-Zukhruf, Ad-Dukhan, Al-Jasiyah, Al-Ahqaf, Muhammad, Al-Fath, Al-Hujurat, Qaf, Adz-Dzariyat, At-Tur, An-Najm, Al-Qamar, Ar-Rahman, Al-Waqi’ah, Al-Hadid, Al-Mujadilah, Al-Hasyr, Al-Mumtahanah, As-Saff, Al-Jumu’ah, Al-Munafiqun, At-Taghabun, At-Talaq, At-Tahrim, Al-Mulk, Al-Qalam, Al-Haqqah, Al-Ma’arij, Nuh, Al-Jinn, Al-Muzzammil, Al-Muddassir, Al-Qiyamah, Al-Insan, Al-Mursalat, An-Naba’, An-Nazi’at, ‘Abasa, At-Takwir, Al-Infitar, Al-Mutaffifin, Al-Inshiqaq, Al-Buruj, At-Tariq, Al-A’la, Al-Ghashiyah, Al-Fajr, Al-Balad, Ash-Shams, Al-Lail, Ad-Duha, Al-Insyirah, At-Tin, Al-‘Alaq, Al-Qadr, Al-Bayyinah, Az-Zalzalah, Al-‘Adiyat, Al-Qari’ah, At-Takathur, Al-‘Asr, Al-Humazah, Al-Fil, Quraisy, Al-Ma’un, Al-Kautsar, Al-Kafirun, An-Nasr, Al-Lahab, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas.
  • Surat-surat Madaniyah: Al-Baqarah, Ali ‘Imran, An-Nisa’, Al-Ma’idah, Al-An’am, Al-A’raf, Al-Anfal, At-Taubah, Al-Hujurat, Qaf, Adz-Dzariyat, At-Tur, An-Najm, Al-Qamar, Ar-Rahman, Al-Hadid, Al-Mumtahanah, As-Saff, Al-Jumu’ah, Al-Munafiqun, At-Taghabun, At-Talaq, At-Tahrim, Al-Mulk.

Kesimpulan

Dalam Alquran terdapat 114 surat yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu Makkiyah dan Madaniyah. Susunan surat dalam Alquran dimulai dari surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas. Selain itu, Alquran juga dapat dikelompokkan berdasarkan jumlah ayat pada setiap suratnya. Pengetahuan tentang susunan surat dalam Alquran sangat penting untuk dipelajari oleh setiap umat Islam untuk memahami ajaran dan petunjuk dari Allah SWT.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Susunan Surat dalam Alquran