yang bukan faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional adalah

yang bukan faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional adalah

jawaban

Ada berbagai macam faktor yang bisa mendorong terjadinya perdagangan internasional di suatu negara, yang tidak termasuk dalam salah satu faktor tersebut adalah sistem ekonomi.

 

Pembahasan

Soal di atas sepertinya tidak lengkap karena seharusnya disertai juga dengan pilihan jawabannya. Berikut adalah soal yang lengkap:

 

Ada berbagai macam faktor yang bisa mendorong terjadinya perdagangan internasional di suatu negara, yang tidak termasuk dalam salah satu faktor tersebut adalah

A. Sistem ekonomi

B. Kualitas sumber daya manusia

C. Perbedaan sumber daya alam

D. Teknologi

 

Maka dari itu, jawaban yang tepat adalah pilihan (A). Pilihan (A) benar karena sistem ekonomi bukan menjadi salah satu faktor yang bisa mendorong terjadinya perdagangan internasional. Bahkan, ada beberapa jenis dari sistem ekonomi yang bisa menghambat terjadinya perdagangan internasional di suatu negara. Contohnya adalah negara yang menerapkan sistem ekonomi komando akan sangat sulit untuk melakukan kegiatan perdagangan internasional karena setiap kegiatan ekonomi yang terjadi di negara tersebut akan diatur oleh pemerintah sehingga pemerintah bisa menciptakan kebijakan yang menghambat kegiatan perdagangan internasional yang terjadi di negara tersebut.

 

Pilihan (B), (C), dan (D) salah karena merupakan faktor yang bisa mendorong terjadinya perdagangan internasional.