Cara Mudah Kembalikan Aplikasi Play Store Yang Terhapus

Dalam smartphone android, terdapat aplikasi yang berfungsi untuk mengunduh atau menginstal aplikasi lain secara legal, aplikasi tersebut bernama Google Play store, aplikasi ini tergolong sangat penting untuk pengguna android karena dengan play store kamu dapat mengunduh aplikasi lainnya secara mudah dan resmi.

 

Lalu, Bagaimana Jika Google Play store terhapus?

Cara Mudah Kembalikan Aplikasi Play Store Yang Terhapus
Sumber gambar: bisnis.com

Dalam praktiknya, beberapa pengguna membuat sebuah kesalahan tak diduga yaitu tak sengaja menghapus aplikasi Google Play store, dan tentunya jika Google Play store terhapus maka kamu tidak dapat bisa mendownload aplikasi lalu. Lalu bagaimana cara mengembalikannya? Yuk kita bahas sebuah info dibawah ini. Cara Mudah Kembalikan Aplikasi Play Store Yang Terhapus

 

Cara Mengunduh

Bila kamu mengalami kesulitan dalam mengunduh Play Store, tak perlu khawatir, aplikasi ini bisa diunduh melalui APK Mirror. Dalam APK Mirror, Play Store terdiri dari berbagai versi. Jadi kamu harus memerhatikan versi apa yang mau diunduh dan pastinya yang sesuai dengan versi ponsel.

 

Cara Instal

Menginstal Play Store mempunyai sebuah cara berbeda pada setiap versi Andorid-nya. Pada versi Android yang lebih lama (sebelum Oreo), kamu perlu pergi ke menu pengaturan dan mengaktifkan penginstalan dari sumber yang tidak dikenal, lalu buka tautan tersebut. Kamu akan ditanya apa mengizinkan unduhan dan pemasangan. APK Mirror adalah sumber yang aman, jadi silakan tekan opsi “Yes”. Di Android Oreo dan yang lebih baru, seperti Pie atau Android 10, proses memasang Play Store sedikit lebih rumit. Inilah yang perlu dilakukan:

– Buka Pengaturan dan temukan Aplikasi & Notifikasi. Setelah berada di menu Aplikasi, gulir ke bawah hingga menemukan mobile browser.

Lalu ketuk browser dan gulir ke bawah bagian Advanced. Di sana akan menemukan instal aplikasi yang tidak dikenal. Buka dan pilih izinkan dari sumber ini.

– Kemudian dengan menggunakan browser di perangkat Anda, buka forum XDA Developers atau situs web APK Mirror untuk mengunduh APK untuk versi terbaru Play Store.

– Jika Anda mendapatkan pesan peringatan bahwa “jenis file ini dapat membahayakan perangkat Anda”, abaikan dan ketuk “OK”.

– Buka APK (Anda dapat mengetuk unduhan yang sudah selesai di menu notifikasi), membaca izin baru (jika ada) yang diminta oleh versi baru Play Store, lalu ketuk Instal