Ayat Alquran tentang Nikmat Allah

Hello Sobat Teknohits, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ayat Alquran yang menggambarkan nikmat Allah. Sebagai umat muslim, kita tentu sudah sangat familiar dengan ayat-ayat tersebut. Namun, tidak ada salahnya kita mengulanginya kembali sebagai pengingat agar kita selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

1. Al-Baqarah ayat 172

“Hai orang-orang yang beriman! Makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak hanya memakan makanan yang halal, tetapi juga memilih makanan yang baik dan berkualitas. Kita harus bersyukur atas nikmat Allah yang telah memberikan kita rezeki yang baik-baik.

2. An-Nahl ayat 18

“Dan jika kamu hendak menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan bisa menghitungnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa nikmat Allah tidak terbatas dan tidak bisa dihitung. Kita harus selalu bersyukur atas semua nikmat yang telah diberikan oleh Allah dan tidak meremehkan segala sesuatu yang diberikan oleh-Nya.

3. An-Nahl ayat 53

“Dan apa saja nikmat yang ada pada dirimu, maka dari Allah-lah nikmat itu. Kemudian apabila kamu ditimpa musibah, hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu mengingat bahwa semua nikmat yang kita miliki berasal dari Allah dan kita harus selalu bersyukur. Ketika kita mengalami kesulitan atau musibah, kita harus meminta pertolongan hanya kepada Allah, karena hanya Dia yang mampu memberikan pertolongan sejati.

4. Al-An’am ayat 141

“Dan Dia-lah yang menjadikan bagimu pendengaran, penglihatan, dan hati; (tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa segala sesuatu yang kita miliki, termasuk pendengaran, penglihatan, dan hati, adalah nikmat dari Allah. Namun, sayangnya kita seringkali lupa untuk bersyukur atas nikmat tersebut dan terlalu sibuk dengan kehidupan dunia.

5. Ar-Rahman ayat 33

“Hai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus segala persimpangan langit dan bumi, maka teroboslah kamu. Tidak dapat (kamu menembusnya) melainkan dengan kekuatan (yang besar).”

Ayat ini mengajarkan kita tentang kebesaran Allah dan bahwa kita tidak akan bisa mencapai kesuksesan tanpa pertolongan dari-Nya. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah dan memohon pertolongan-Nya dalam setiap langkah yang kita ambil.

6. Al-An’am ayat 141

“Dan Dia-lah yang menjadikan bagimu pendengaran, penglihatan, dan hati; (tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa segala sesuatu yang kita miliki, termasuk pendengaran, penglihatan, dan hati, adalah nikmat dari Allah. Namun, sayangnya kita seringkali lupa untuk bersyukur atas nikmat tersebut dan terlalu sibuk dengan kehidupan dunia.

7. Al-Baqarah ayat 185

“Bulan Ramadan ialah bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang salah). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa Ramadan adalah bulan yang penuh dengan nikmat Allah. Allah memberikan kita petunjuk dalam bentuk Alquran dan memberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat tersebut dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya.

8. Al-Kahfi ayat 46

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia. Dan amalan-amalan yang kekal (pahalanya) lebih baik di sisi Tuhanmu untuk memberikan harapan yang lebih baik dan (sebagai) amalan yang lebih utama.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa harta dan anak-anak adalah perhiasan dunia yang fana. Namun, amalan-amalan yang kekal memiliki nilai yang lebih tinggi dan lebih utama di sisi Allah. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat Allah yang memberikan kita kesempatan untuk melakukan amalan-amalan yang kekal dan mendapatkan pahala yang besar.

9. Al-An’am ayat 99

“Dan Dialah Tuhanmu, Tuhan Yang Maha Mengetahui segala yang tersembunyi di langit dan di bumi. Dan dialah Yang Maha Mengetahui apa yang tersembunyi dalam hati.”

Ayat ini mengajarkan kita tentang kebesaran Allah yang maha mengetahui segala sesuatu. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat Allah yang memberikan kita hidayah dan kesempatan untuk selalu mendekatkan diri kepada-Nya.

10. Al-Baiyinah ayat 7

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa iman dan amal saleh adalah kunci untuk menjadi sebaik-baik makhluk di sisi Allah. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat Allah yang memberikan kita hidayah dan kesempatan untuk melakukan amal saleh.

11. Al-Baqarah ayat 217

“Mereka menanyakan kepadamu tentang peperangan pada bulan yang diharamkan itu. Katakanlah: “Memerangi pada bulan itu adalah dosa besar, tetapi menghalangi (orang) dari jalan Allah, dan ingkar kepadanya serta menghalangi (orang) dari Masjidilharam dan mengusir penduduknya daripadanya, adalah dosa yang lebih besar di sisi Allah. Dan fitnah (perpecahan) adalah lebih besar dosanya dari pembunuhan.” Dan mereka tidak akan berhenti memerangi kamu sampai mereka dapat mengembalikan kamu dari agamamu yang kamu anut, jika mereka mampu. Dan barangsiapa di antara kamu murtad dari agamanya lalu mati dalam kekafiran, maka mereka itu yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat. Mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa melakukan dosa besar adalah tindakan yang tidak boleh dilakukan. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat Allah yang memberikan kita hidayah dan kesempatan untuk menghindari tindakan dosa besar seperti memerangi pada bulan yang diharamkan.

12. An-Nisa ayat 103

“Dan apabila kamu telah menyelesaikan shalat, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk, dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, laksanakanlah shalat itu. Sesungguhnya shalat itu adalah suatu ketetapan waktu yang ditentukan bagi orang-orang yang beriman.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu mengingat Allah dalam setiap kesempatan. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat Allah yang memberikan kita waktu untuk melakukan shalat dan mendekatkan diri kepada-Nya.

13. Al-Baqarah ayat 216

“Ditetapkan (wajib) bagimu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa kadangkala kita tidak menyukai sesuatu yang sebenarnya baik untuk kita. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat Allah yang memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan kebaikan dan berjuang untuk kebaikan.

14. Al-Qalam ayat 51

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan untuk mereka (para penghuni neraka) bidadari-bidadari yang sangat cantik jelita.”

Ayat ini mengajarkan kita tentang kebesaran dan kemurahan Allah yang memberikan nikmat surga kepada orang-orang yang beriman. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat Allah yang memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan surga dan kebahagiaan yang kekal.

15. Al-Mulk ayat 10

“Dan sesungguhnya orang-orang yang kafir dengan Tuhannya, bagi mereka azab Jahannam. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa Allah akan memberikan azab kepada orang-orang yang tidak beriman. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat Allah yang memberikan kita hidayah dan kesempatan untuk beriman dan mendapatkan kebahagiaan yang kekal di surga.

16. Al-Insan ayat 3

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadanya (manusia) dua mata.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa mata adalah nikmat dari Allah yang harus kita syukuri. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat Allah yang memberikan kita penglihatan untuk melihat keindahan ciptaan-Nya.

17. Al-An’am ayat 99

“Dan Dialah Tuhanmu, Tuhan Yang Maha Mengetahui segala yang tersembunyi di langit dan di bumi. Dan dialah Yang Maha Mengetahui apa yang tersembunyi dalam hati.”

Ayat ini mengajarkan kita tentang kebesaran Allah yang maha mengetahui segala sesuatu. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat Allah yang memberikan kita hidayah dan kesempatan untuk selalu mendekatkan diri kepada-Nya.

18. Al-Insyirah ayat 7

“Dan sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa dalam kesulitan, kita harus selalu bersabar dan percaya bahwa Allah akan memberikan kemudahan. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat Allah yang memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan kemudahan dalam setiap kesulitan.

19. Al-Insan ayat 8

“Dan mereka memberikan makanan kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yang ditawan, sedang mereka hanya memberikan makanan itu karena mencari keridhaan Allah, mereka mengatakan: “Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mencari kerid

Ayat Alquran tentang Nikmat Allah