Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone Mudah Untuk Pemula

Hotspot adalah salah satu fitur yang bermanfaat bagi para penggunanya dan terdapat di smartphone zaman sekarang, termasuk iPhone. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara mengaktifkan hotspot di iPhone. Namun seringkali Personal Hotspot yang ada di iPhone tiba-tiba mengalami gangguan, seperti hilang secara mendadak serta tidak berfungsi.

Sehingga, pengguna tidak dapat melakukan tethering WiFi atau berbagi jaringan internet ke perangkat lain. Tentunya hal tersebut sangat menyebalkan. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut tentang cara mengaktifkan hotspot di perangkat iPhone dengan mudah dan sudah pasti berhasil.

Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone Mudah

  • Pertama, buka menu Settings
  • Kemudian pilih Cellular
  • Klik opsi Personal Hotspot, Aktifkan (jadi ON)
  • Selesai

Bagaimana Mengatasi Hotspot iPhone Tidak Bisa?

setup personal Hotspot yang
Sumber gambar: apple

Cobalah beberapa cara setup personal Hotspot yang akan dijelaskan berikut ini sebelum membawa iPhone ke tempat service. Simak caranya berikut ini.


  1. Restart perangkat iPhone

Cara yang pertama saat hotspot di perangkat iPhone tidak berfungsi adalah dengan merestart perangkat iPhone. Terlihat sangat mudah, namun cara tersebut dipercaya dapat memperbaiki masalah yang sederhana di smartphone, seperti hilangnya hotspot. Berikut caranya.

  • Tekan tombol home bersamaan dengan tombol sleep atauwake hingga logo Apple muncul.
  • Lalu iPhone akan menyala dan hotspot sudah bisa digunakan kembali.

  1. Reset Network Setting

Jika dengan cara sebelumnya belum berhasil, ada cara lain yang bisa dilakukan dalam mengaktifkan hotspot, yaitu dengan Reset Network Setting atau mengatur ulang jaringan. Penyebab masalah hotspot tidak aktif adalah adanya error yang mengendalikan akses perangkat ke jaringan seluler serta WiFi di dalam pengaturan.

Perubahan yang tidak disengaja selama proses upgrade OS dapat menyebabkan adanya suatu perubahan. Dengan mereset akan mengembalikan ke pengaturan awal jaringan. Berikut caranya.

  • Masuk ke menu Pengaturan atau “Setting”.
  • Kemudian pilih menu “General”, scroll sampai menemukan pilihan “Reset”, lalu klik.
  • Pilih “Reset Network Settings” dan saat muncul peringatan pop-up, pilih “Reset Network Settings”.
  • Tunggu sampai proses restart selesai. Lalu periksa layar “Setting” untuk mengaktifkan “Personal Hotspot”.

Perlu diingat, cara tersebut akan menghapus data apa saja yang ada di perangkat serta mengembalikan perangkat ke pengaturan awal.


  1. Setting APN

Ada satu cara lagi yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan hotspot di hotspot, yaitu dengan setting Access Point Name atau APN. Biasanya pengguna harus mengisi secara manual Personal Hotspot. Langkah ini juga dapat digunakan untuk berbagi hotspot iPhone ke android dan perangkat yang lain. Berikut caranya.

  • Buka menu pengaturan atau “Setting” di perangkat iPhone.
  • Kemudian cari dan pilih menu “Cellular”. Setelah itu klik pilihan “Cellular Data Network”.
  • Di bagian “Cellular Data” isilah data-data sesuai operator yang digunakan, seperti usernamedan
  • Di bagian “Personal Hotspot”, isi data APN, username serta
  • Setelah itu pengguna dapat langsung mengaktifkan hotspot di perangkat iPhone.

Kesimpulan

Seringnya masalah seperti hotspot yang tidak bisa digunakan di perangkat iPhone, membuat banyak penggunanya kebingungan. Untuk melakukan konfigurasi jaringan lebih lanjut dalam menggunakan iOS yang terbaru, maka akan muncul hotspot iPhone hubungi carrier. Pengguna iPhone tidak perlu khawatir meskipun hotspot hilang atau tidak berfungsi, karena nantinya akan dapat digunakan kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengaktifkan hotspot di iPhone yang bisa dicoba saat muncul perintah contact carrier atau hilangnya hotspot. Pengguna tidak perlu khawatir saat masalah hotspot yang hilang atau munculnya contact carrier, karena hal tersebut hanya disebabkan oleh dibutuhkannya konfigurasi jaringan lebih lanjut bukan karena iPhone yang rusak.

Tinggalkan komentar