Ini 3 Cara Menghapus Cache di iPhone supaya Tidak Lemot
Sumber gambar: jalan tikus

Ini 3 Cara Menghapus Cache di iPhone supaya Tidak Lemot

Buat Anda yang menggunakan iPhone untuk berbagai aktivitas, memori penuh adalah salah satu yang ditakutkan. Cara menghapus cache di iPhone adalah salah satu solusi, supaya performa iPhone tidak menurun gara-gara memori penuh. Yang ujung-ujungnya hanya membuat aktivitas Anda terhambat.

Cache, merupakan folder yang isinya dokumen yang menempel pada aplikasi saat diunduh dan digunakan. Gunanya, untuk membuat unduhan yang Anda lakukan pada aplikasi tersebut tidak double alias berulang. Tapi, kenyataannya di dalam folder ini sering terdapat file yang tak dibutuhkan dan hanya akan memberatkan iPhone Anda.

3 Cara Menghapus Cache di iPhone

Anda bisa menggunakan salah satu dari tiga cara berikut, untuk menghapus data yang ada pada folder cache. Mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus minta bantuan teknisi. Pastikan saja iPhone aktif dan lakukan hingga tuntas.

 

Restart iPhone Anda

Ini 3 Cara Menghapus Cache di iPhone supaya Tidak Lemot
Sumber gambar: businness

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan restart pada iPhone, tapi memang beda seri akan beda pula caranya. Beberapa cara yang bisa digunakan adalah:

  1. Untuk pengguna iPhone 6 hingga 8, tinggal memencet tombol power yang ada pada sisi kanan iPhone. Pastikan menekan beberapa detik hingga muncul tombol merah dan tulisan turn off.

Kemudian geser tombol merah dari kiri menuju kanan, maka iPhone akan mati. Selanjutnya, Anda tinggal hidupkan dengan pakai tombol power.

  1. Untuk iPhone X dan 11, cara restartbisa dengan menekan tombol power di sisi kanan bersamaan dengan tombol untuk menurunkan volume yang terletak di sisi kiri bawah iPhone.

Biasanya cara ini kan berhasil menghapus cache yang terlalu banyak pada iPhone, dimana sistem iOS akan melakukan pengaturan dari awal ketika proses restart dilakukan.

Menghapus Cache di iPhone lewat Browser Safari

Menghapus Cache di iPhone lewat Browser Safari
Sumber gambar: macpoin

Seperti halnya HP Android yang punya browser bawaan, iPhone juga punya Safari yang biasa digunakan untuk membuka situs dengan lebih mudah. Lewat cara ini, juga bisa dilakukan penghapusan cache dengan mudah, yaitu:

  1. Buka menu settingpada iPhone Anda, biasanya terletak pada halaman utama tampilan HP.
  2. Cek aplikasi Safari yang terletak di bagian bawah daftar menu setting
  3. Setelah masuk pada aplikasi tersebut, Anda tinggal pilih menu clear history and website data. Setelah itu, proses penghapusan cacheakan berlangsung secara otomatis.
  4. Jika notifikasi proses penghapusan cachewebsite selesai, Anda bisa lanjutkan dengan memilih menu clear history and data. Dengan begitu, semua cache yang ada di HP akan benar-benar hilang dan memori akan semakin lega. Jadi, Anda bisa menggunakan HP tanpa masalah buffering seperti sebelumnya.

Jika Anda menggunakan penghapusan lewat browser Safari, hasilnya akan lebih maksimal. Karena mayoritas file di dalam cache memang berasal dari interaksi menggunakan Safari.

 

Hapus Data Aplikasi

Cara terakhir adalah dengan menghapus data pada aplikasi yang tersedia di iPhone Anda. Memang akan butuh waktu, tapi dinilai cukup efektif menambah lagi kapasitas memori penyimpanan iPhone. Caranya adalah:

  1. Pilih menu Settingpada iPhone Anda
  2. Lanjutkan dengan memilih menu General
  3. Ketika sudah masuk dalam menu tersebut, Anda tinggal pilih iPhone Storage
  4. Cari aplikasi dengan ukuran terbesar, kemudian buka pengaturan aplikasi tersebut.
  5. Pilih offload app,yang akan membuat aplikasi dihapus sementara. Anda bisa instal ulang dan data di dalamnya akan muncul kembali.

Kesimpulan

Menghapus cache pada iPhone, memang salah satu cara paling mudah untuk menambah memori penyimpanan kembali. Tiga cara di atas, sama-sama mampu memberikan hasil maksimal dimana cache akan habis dan performa iPhone kembali membaik.

Itulah deretan cara menghapus cache di iPhone yang bisa Anda coba. Bisa dicoba salah satu atau ketiganya untuk hasil yang maksimal.